Kitab

Terjemah Kitab Matan Taqrib Bab/Kitab Hukum dan Kesaksian

×

Terjemah Kitab Matan Taqrib Bab/Kitab Hukum dan Kesaksian

Sebarkan artikel ini
Terjemah Matan Al-Ghayah wat Taqrib karya Syekh Syihabuddin Abu Syujak Al-Ashfahani.
Ilustrasi

Urupedia – Terjemah Kitab Matan Al-Ghayah wat Taqrib karya Syekh Syihabuddin Abu Syujak Al-Ashfahani bab hukum dan kesaksian. Kitab ini sering dikenal dengan Kitab Taqrib yang banyak di kaji oleh pondok pesantren.

كتاب الأقضية والشهادات

ولا يجوز أن يلي القضاء إلا من استكملت فيه خمس عشرة خصلة: الإسلام والبلوغ والعقل والحرية والذكورة والعدالة ومعرفة أحكام الكتاب والسنة ومعرفة الإجماع ومعرفة الاختلاف ومعرفة طرق الاجتهاد ومعرفة طرف من لسان العرب ومعرفة تفسير كتاب الله تعالى وأن يكون سميعا وأن يكون بصيرا وأن يكون كاتبا وأن يكون مستيقظا ويستحب أن يجلس في وسط البلد في موضع بارز للناس ولا حاجب له ولا يعقد للقضاء في المسجد ويسوي بين الخصمين في ثلاثة أشياء في المحل واللفظ واللحظ ولا يجوز أن يقبل الهدية من أهل عمله ويجتنب القضاء في عشرة مواضع عند الغضب والجوع والعطش وشدة الشهوة والحزن والفرح المفرط وعند المرض الأخبثين وعند النعاس وشدة الحر والبرد ولا يسأل المدعي عليه إلا بعد كمال الدعوى ولا يحلفه إلا بعد سؤال المدعي ولا يلقن خصما حجة ولا يفهمه كلاما ولا يتعنت بالشهداء ولا يقبل الشهادة إلا ممن ثبتت عدالته ولا تقبل شهادة عدو ولا شهادة والد لوالده ولا يقبل كتاب قاض إلى قاض آخر في الأحكام إلا بعد شهادة شاهدين يشهدان بما فيه.

Kitab Hukum dan Kesaksian

Tidak boleh menjatuhkan hukum kecuali di dalamnya sempurna 15 hal: Islam, baligh, berakal, merdeka, laki-laki, adil, mengetahui hukum-hukum yang ada dalam Quran dan hadis, mengetahui ijma’, mengetahui perselisihan, mengetahui jalan ijtihad, mengetahui ujung lisan Arab, mengetahui tafsir kitab Allah, Dia mampu mendengar, Dia mampu melihat, Dia mampu menulis dan dia dalam keadaan sadar (tidak tidur).

Disunahkan menempat di tengah tengah Negara di tempat yang jelas mudah di pandang manusia, tidak ada sesuatu yang menghalangi. Tidak diperkenankan duduk di masjid pada waktu menghukumi. Dan menyamakan antara dua yang bersengketa dalam tiga hal: 1. Tempat duduk. 2. Lafadz 3. Penglihatan.

Tidak diperbolehkan menerima hadiah dari karyawannya. Dan harus menjauhi 10 hal ketika menghukumi: 1. Marah 2. Lapar 3. haus 4. sangat berhasrat 5. sangat sedih, 6. bahagia yang melampai batas 7. ketika sakit menahan buang air baik besar atau kecil 8. ketika ngantuk 9. sangat panas 10. sangat dingin.

    Tidak diperbolekan menanyai terdakwa kecuali setelah sempurnanya dakwaan. Dan tidak boleh menyumpahnya kecuali setelah menanyai yang mendakwa. Tidak boleh mengajarkan hujah (argumen) kepada yang bersengketa dan juga tidak boleh memahamkan kalimat kepada yang bersangkutan dan juga tidak boleh menyifati saksi. Tidak boleh menerima saksi kecuali jelas tetap adilnya. Tidak diperbolehkan menerima kesaksian musuh memberikan saksi kepada musuhnya, kesaksian orang tua terhadap anak, kesaksian anak terhadap orang tua. Dan tidak diperbolehkan menerima buku dari hakim lain dalam menghukumi kecuali setelah kesaksian dua saksi yang keduanya telah menyaksikan apa yanga ada didalamnya.

    Fasal Syarat Pembagi

    (فصل) ويفتقر القاسم إلى سبع شرائط الإسلام والبلوغ والعقل والحرية والذكورة والعدالة والحساب فإن تراضى الشريكان بمن يقسم لم يفتقر إلى ذلك وإن كان في القسمة تقويم لم يقتصر فيه على أقل من اثنين وإذا دعا أحد الشريكين إلى قسمة ما لا ضرر فيه لزم الآخر إجابته.

    Orang yang membagi butuh 7 syarat: 1. Islam 2. Baligh 3. Berakal 4. Merdeka 5. Laki Laki 6. Adil 7. Bisa menghitung.

    Ketika kedua belah pihak telah merestui dengan siapa yang membagi maka tidak butuh lagi syarat tersebut. Ketika dalam bagian terdapat bagian yang perlu dikalkulasi maka tidak perlu meringkas hitungan yang kurang dari dua. Dan ketika ada salah satu dari serikat mengaku sesuatu yang tidak membahayakan maka wajib bagi yang lain mengabulkannya.

    Fasal Barang Bukti

    (فصل) وإذا كان مع المدعي بينة سمعها الحاكم له بها وإن لم تكن بينة فالقول قوله المدعي عليه بيمينه فإن نكل عن اليمين ردت على المدعي فيحلف ويستحق وإذا تداعيا شيئا في يد أحدهما فالقول قول صاحب اليد بيمينه وإن كان في يديهما تحالفا وجعل بينهما ومن حلف على فعل نفسه حلف على البت والقطع ومن حلف على فعل غيره فإن كان إثباتا حلف على البت والقطع وإن كان نفيا حلف على نفى العلم.

    Bila yang mendakwa ada penjelasan (bukti) hendaklah didengarkan oleh hakim dan hukum tetap milik hakim terhadap penjelasan. Bila yang mendakwa tidak ada penjelasan maka ucapan yang dibenarkan adalah ucapan terdakwa dengan sumpahnya. Maka bila ia menolak maka sumpah dikembalikan ke pendakwa maka bila pendakwa bersumpah dan memiliki hak.

    Bila ada dua orang yang mengaku terhadap sesuatu yang ada di salah satu orang maka ucapan yang dibenarkan adalah oerang yang sedang memegang sesuatu tersebut dengan sumpahnya. Dan ketika benda tersebut di kedua belah pihak maka keduanya disumpah dan benda tersebut dibagi kepanya mereka berdua. Barang siapa bersumpah terhadap dirinya sendiri maka dia sumpah terhadap sesuatu yang putus. Barang siap yang bersumpah terhadap pekerjaan orang lain maka bila pekerjaan itu ditetapkan maka dia bersumpah yang putus, dan bila sesuatu itu bersifat naïf maka dia bersumpah terhadap nafinya pengetahuan.

    Fasal Syarat Saksi

    (فصل) ولا تقبل الشهادة إلا ممن اجتمعت فيه خمس خصال الإسلام والبلوغ والعقل والحرية والعدالة وللعدالة خمس شرائط أن يكون مجتنبا للكبائر غير مصر على القليل من الصغائر سليم السريرة مأمون الغضب محافظا على مروءة مثله.

    Tidak sah memberikan kesaksian kecuali berkumpul padanya lima hal: 1. Islam 2. Baligh 3. Berkal 4. Merdeka 5. Adil. Dan bagi orang yang adil itu memiliki lima syarat: 1. Menjahui dosa besar 2. Tidak menetapi sedikit dosa kecil 3. Selamat akidahnya 4. Dipercaya marahnya 5. Menjaga martabatnya.

    Fasal Hak Allah dan Manusia

    (فصل) والحقوق ضربان حق الله تعالى وحق الآدمي فأما حقوق الآدميين فثلاثة أضرب ضرب لا يقبل فيه شاهدان ذكران وهو ما لا يقصد منه المال ويطلع عليه الرجال وضرب يقبل فيه شاهدان أو رجل وامرأتان أو شاهدتان ويمين المدعي وهو ما كان القصد منه المال وضرب يقبل فيه رجل وامرأتان أو أربع نسوة وهو ما لا يطلع عليه الرجال وأما حقوق الله تعالى فلا تقبل فيه النساء وهي ثلاثة أضرب ضرب لا تقبل فيه أقل من أربعة وهو الزنا وضرب يقبل فيه اثنان وهو ما سوى الزنا من الحدود وضرب يقبل فيه واحد وهو هلال رمضان ولا تقبل شهادة الأعمى إلا في خمسة مواضع الموت والنسب والملك المطلق والترجمة وما شهد به قبل العمى وعلى المضبوط ولا تقبل شهادة جاو لنفسه نفعا ولا دافع عنها ضررا.

    Hak itu ada dua macam: hak Allah ta’ala dan hak adami. Adapun hak adami maka ada tiga macam: 1. Tidak diterima kecuali dengan dua saksi laki laki yaitu tujuan harta yang telah dilihatnya; 2. Diterima dengan dua saksi atau satu saksi laki laki dan dua perempuan atau saksi-saksi laki-laki dan sumpah pendakwa yaitu tujuan harta. 3. Diterima dengan saksi satu laki laki dan dua perempuan atau empat perempuan yaitu sesuatu yang belum dilihat orang tersebut.

    Adapun hak Allah maka tidak diterima di dalamnya perempuan yaitu ada tiga macam:

    a. Tidak diterima ketika saksi kurang dari empat yaitu: Zina; b. Diterima dengan dua saksi yaitu selain had zina; c. Diterima dengan satu saksi yaitu tanggal romadhon.

    Tidak diterima kesaksian orang buta kecuali dalam lima tempat: 1. Mati 2. Nasab 3. milik mutlak; 4. terjemah; 5. sesuatu yang dilihat sebelum buta.

    Semua yang di saksikan orang buta adalah dibatasi. Tidak diterima kesaksian tetangga yang bermanfaat baginya. Dan juga tidak diterima kesaksian tetangga atas penolakan sesuatu yang berbahaya baginya.

    Untuk terjemah bab/kitab lain dalam Matan Al-Ghayah wat Taqrib karya Syekh Syihabuddin Abu Syujak Al-Ashfahani, bisa kalian (KLIK DISINI)

    Index