BeritaNasional

Presiden Terima Surat Pengunduran Menteri Pertanian SYL

×

Presiden Terima Surat Pengunduran Menteri Pertanian SYL

Sebarkan artikel ini
El Nino, Presiden Berharap Panen Tahun Inia bisa Menambah Cadangan Beras
Tangkap Layar-Sekretariat Presiden-YouTube

Urupedia – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan penerimaan surat pengunduran diri dari Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Surat tersebut diserahkan kepada Presiden oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, pada malam Kamis (05/10/2023), dan telah mendapatkan tanggapan dari pemerintah.

“Iya tadi malam sudah diberikan kepada saya dari Mensesneg tentang surat pengunduran diri dari Pak Menteri Pertanian. Sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti, sudah saya tanda tangani juga,” terang Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat (06/102023), dilansir dari YouTube Sekretariat Presiden.

Sementara itu, Presiden juga mengatakan untuk mengisi posisi Menteri Pertanian yang kosong, Presiden Jokowi telah menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi, sebagai pelaksana tugas (Plt).

“Penggantinya masih Plt, Plt-nya Pak Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan (Nasional),” ungkapnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pengangkatan Kepala Bapanas sebagai Plt Menteri Pertanian bertujuan untuk mempermudah koordinasi dalam menjalankan tugas-tugas terkait sektor pertanian.

“Karena biasanya kita Bulog, Badan Pangan (Nasional), mentan, menteri perdagangan ini selalu harus satu. Jadi untuk konsolidasi saja supaya lebih memudahkan,” tandasnya.