Berita

Jokowi Intruksi Panglima TNI dan Kapolri untuk Tangani Karhutla

×

Jokowi Intruksi Panglima TNI dan Kapolri untuk Tangani Karhutla

Sebarkan artikel ini
Jokowi Intruksi Panglima TNI dan Kapolri untuk Tangani Karhutla
Joko Widodo-SC-Sekretariat Presiden

Urupedia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, untuk menangani titik api dari Karhutla, meskipun kecil.

Menurut Jokowi, Karhutla tak dapat dipisahkan dari cuaca kemarau yang masih berlangsung. Dia juga menghimbau Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera merespons dan menangani Karhutla dengan tanggap.

“Yang terpenting saya sudah perintah kepada Panglima dan Kapolri dan Pemda untuk segera menangani sekecil apapun titik api sehingga tidak membesar,” ujar Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10/2023), dilansir dari .

“Ya, ini memang panasnya itu, panasnya itu memang kemaraunya panjang dan panasnya, memang melebihi normal yang ada. Tidak hanya di Indonesia kebakaran hutan terjadi, di Amerika Serikat, di Kanada,” jelasnya.

Dalam konteks yang sama, Jokowi memberikan contoh bagaimana penanganan kebakaran hutan telah bisa diantisipasi dalam beberapa tahun terakhir.

“Kita di sini bisa mengendalikan dengan baik. Coba bandingkan dengan 2015 masih lebih jauh sekali tetapi memang dampak kebakaran itu mengeluarkan asap, dan asapnya kalau kena angin bisa ke mana mana,” tandasnya.