Berita

Ngeri! Lahan Hutan Seluas 26 Hektar di Kabupaten Barito Selatan Terbakar

×

Ngeri! Lahan Hutan Seluas 26 Hektar di Kabupaten Barito Selatan Terbakar

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Kebakaran Hutan – Pixabay – Ylvers

UrupediaKebakaran Hutan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah pada hari Jumat (2/6/2023), pukul 10.30 WIB kemarin sebabkan setidaknya 26 hektar lahan terbakar.

Peristiwa ini terjadi di 2 titik yaitu di Desa Kalahein dan Desa Manggaris. Karhutla yang terjadi di Desa Kalahein berlokasi di Jalan Soekarno Hatta Lintas Buntok-Palangkaraya yang menghanguskan 25 hektar lahan milik warga yang melakukan tebas bebas dalam skala besar.

Dalam upaya memadamkan kebakaran lahan hutan ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) bersama personil Posko Siaga Darurat Bencana Karhutla Kabupaten Barito Selatan menyiagakan 1 Unit Mobil Patroli BPBD, 1 Unit Tangki 8000 Liter, 9 Unit gepyok serta alat pendukung pemadaman api lainnya.

Karhutla pada titik kedua terjadi di Desa Manggaris, Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan menghanguskan sekitar 1 hektar lahan milik warga. Pada titik ini, TRC bersama BPBD kembali menyiagakan 2 unit mobil pick-up dan 6 unit gepyok. Selain itu, Dinas Pemadam Kebakaran Barito Selatan menyiagakan 2 unit truk tangki damkar, 1 unit tangki air 4000 liter, serta alat pendukung pemadaman api lainnya.

Kedua titik lokasi kebakaran lahan hutan tersebut berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.00. Menurut laporan terakhir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di dua titik lokasi tersebut telah kondusif dan tidak ada korban jiwa.

Atas kejadian ini BNPB menghimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, dan segera melapor kepada BPBD apabila terjadi melihat titik api atau asap supaya kebakaran dapat di cegah.