Kitab

Terjemah Kitab Matan Taqrib Bab/Kitab Nadzar dan Sumpah

×

Terjemah Kitab Matan Taqrib Bab/Kitab Nadzar dan Sumpah

Sebarkan artikel ini
Terjemah kitab Matan Taqrib karya Syekh Syihabuddin Abu Syujak Al-Ashfahani.
Ilustrasi

Urupedia – Terjemah Kitab Matan Al-Ghayah wat Taqrib karya Syekh Syihabuddin Abu Syujak Al-Ashfahani bab nadzar dan sumpah. Kitab ini sering dikenal dengan Kitab Taqrib yang banyak di kaji oleh pondok pesantren.

كتاب الأيمان والنذور

لا ينعقد اليمين إلا بالله تعالى أو باسم من أسمائه أو صفة من صفات ذاته ومن حلف بصدقة ماله فهو مخير بين الصدقة وكفارة اليمين ولا شيء في لغو اليمين ومن حلف أن لا يفعل شيئا فأمر غيره بفعله لم يحنث ومن حلف على فعل أمرين ففعل أحدهما لم يحنث وكفارة اليمين هو مخير فيها بين ثلاثة أشياء عتق رقبة مؤمنة أو إطعام عشرة مساكين كل مسكين مد أو كسوتهم ثوبا ثوبا فإن لم يجد فصيام ثلاثة أيام.

Sumpah tidak sah kecuali dengan “Billahi” atau dengan salah satu nama nama Allah atau salah satu dari sifat-sifat dzat Allah. Bila seseorang sumpah akan menyedekahkan hartanya mak dia disuruh memilih antara sedekah dan kifarat sumpah. Dn tidak ada dalam senda gurau sumpah. Bila seseorang sumpah tidak akan melakukan sesuatu dan ada orang lain menyuruhnya maka dia tidak dihukumi melanggar sumpah. Bila seseorang bersumpah akan melakukan dua pekerjaan dan dia melakukan salah satu pekerjaan tersebut maka dia tidak dihukumi melanggar sumpah. Dan harus membayar kifarat pilihan antara tiga hal:

  1. Merdekakan budak perempuan mukmin,
  2. Memberi makan makan 10 miskin satu mud atau memberi pakaian mereka,
  3. Bila tidak menemukan maka puasa tiga hari.
Fasal Nadzar

(فصل) والنذر يلزم في المجازاة على مباح وطاعة كقوله إن شفى الله مريضي فلله علي أن أصوم أو أتصدق ويلزمه من ذلك ما يقع عليه الاسم ولا نذر في معصية كقوله إن قتلت فلانا فلله علي كذا ولا يلزمه على ترك مباح كقوله لا آكل لحما ولا أشرب لبنا وما أشبه ذلك.

Nadzar harus di sesuatu yang lestari serta boleh dan taat kepada Allah. Seperti ucapan seseorang: “bila Allah menyembuhkan penyakit saya maka demi Allah saya akan shalat atau puasa atau sedekah” maka semuanya wajib atasnya bila terjadi atasnya nama yang diucapkan. Dan tidak boleh nadir dalam maksiat seperti ucapan seseorang: andai aku bisa membunuh fulan maka demi Allah saya akan begini maka tidak terjadi nadir atas meninggalkan perbuatan tsb, seperti ucapannya: “saya tidak akan makan daging dan saya tidak akan minum susu” dan yang senada dengannya

Untuk terjemah bab/kitab lain dalam Matan Al-Ghayah wat Taqrib karya Syekh Syihabuddin Abu Syujak Al-Ashfahani, bisa kalian (KLIK DISINI)