Berita

14 Ranting Ansor Durenan Trenggalek Siap Ambil Peran Usai Pelantikan

×

14 Ranting Ansor Durenan Trenggalek Siap Ambil Peran Usai Pelantikan

Sebarkan artikel ini
14 Ranting Ansor Durenan Trenggalek Siap Ambil Peran Usai Pelantikan
Suasana pelantikan GP Ansor di Trenggalek. (Foto : Madchan Jazuli)

Urupedia – Konferensi Anak Cabang (Konferancab) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Durenan, Kabupaten Trenggalek sekaligus pelantikan 14 ranting sukses terlaksana di Balai Desa Semarum. Pengurus yang dilantik yaitu jajaran ketua ranting sekaligus Kepala Satuan Koordinasi Kelompok (Satorkel) Banser.

Ketua Panitia Konferancab dan Pelantikan, M Badrus Sholikh mengungkapkan mengambil tema “Konsolidasi Gerakan Menuju GP Ansor yang Berkemajuan”. Tema tersebut salah satu yang dikatakan Ketua Umum GP Ansor, Gus Yaqut Cholil Qoumas, sudah waktunya Ansor berdikari sendiri di dalam gerakan maupun didalam mengembangkan organisasi.

“Pastinya Ansor saatnya mengambil peran. Bagaimana Ansor bisa sesuai dengan apa yang diinginkan, khususnya ideologi dari ala Nahdlatul Ulama yaitu Ahlussunnah Wal Jamaah,” ungkap Badrus Sholikh, Senin (25/09/2023).

Menurutnya kader Ansor bisa melakukan manuver untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Badrus menambahkan prioritas dalam Gerakan Pemuda Ansor mencetak kader-kader dan juga pemimpin-pemimpin yang berkualitas maupun kuantitas. Baik di berbagai lini kehidupan, pendidikan, ekonomi hingga dimana kader bisa bersosialisasi di tengah masyarakat.

“Termasuk mungkin hari ini menjadi hajat besar bangsa yaitu terkait dengan penyelenggaraan demokrasi Pemilu 2024,” ulasnya.

Badrus mengatakan keinginan pengurus, dari kader Ansor bisa merealisasi sesuai dengan gerakan maupun konsolidasi dengan SDM yang lebih maju, khususnya SDM milik ansor sendiri.

Mahasiswa UIN SATU Tulungagung ini menambahkan bahwa penggabungan pelantikan dan konferensi ini karena mengambil ini salah satunya untuk efektifitas. Baik waktu maupun efektivitas kerja dalam melaksanakan sebuah kegiatan secara bersamaan.

Dikatakannya, momen Konferancab dan pelantikan salah satu perwujudan semangat bersama dan pengurus ranting lambat laun semakin aktif. Ini kali pertama Ansor Durenan mengkonsep pelantikan ranting se-Kecamatan Durenan. Badrus menilai, kesuksesan acara membuat gelora semangat-semangat tertanam didalam kader-kader.

“Biasanya kayak gitu kalau ada acara terus meriah biasanya momen yang menjadi tidak bisa kita lupakan selamanya,” tuturnya.

Sementara, undangan yang hadir dari berbagai indtansi. Mulai Forkopimcam Kecamatan Durenan, Banom NU, tokoh masyarakat, beberapa perguruan silat, Pengurus Cabang Ansor Trenggalek dan undangan lainnya. Perwakilan pengurus ranting memiliki hak suara sebanyak 4 orang yang sudah masuk saat registrasi.

Pewarta: Madchan Djazuli