Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
BeritaPendidikan

Haflah Akhirussanah dan Tasyakuran Madin-TPQ Soca Seganten

×

Haflah Akhirussanah dan Tasyakuran Madin-TPQ Soca Seganten

Sebarkan artikel ini
Dok.pribadi-Foto asatidz dan wisudawan
Foto asatidz dan wisudawan

Urupedia– Sumberdem (19/03/2023) Madrasah Diniyah (Madin) dan Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Soca Seganten mengadakan Haflah akhirussanah sekaligus tasyakuran. Selain itu pada tanggal 17/03/2023 juga diadakan Khotmil Quran bersama para Hafidz dari Pondok Pesantren Roudhotu Tahfidzil Quran (RTQ) Tulungagung.

Haflah akhirussanah tahun ini merupakan haflah ketiga dari beberapa haflah yang pernah diselenggarakan. Terdapat 14 total wisudawan dan wisudawati yang diwisuda pada haflah kali ini. Acara haflah dimulai pukul 08.00 dengan penampilan salawat Al Banjari dari santriwan dan santriwati Soca Seganten. Dilanjutkan pembukaan pada pukul 09.00 dengan pembacaan Ummul Quran dan sari tilawah.

Acara kali ini dihadiri oleh Ibu Purwati selaku Kepala Desa Sumberdem, Bapak Kholiq Hasbullah selaku Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Al Quran (FKPQ) Kecamatan Wonosari, Koordinator Desa TPQ se-Kecamatan Wonosari, guru TPQ se-Desa Sumberdem dan wali santri serta dimeriahkan pula oleh santriwan-santriwati.

Bapak Kholiq mengungkapkan bahwa TPQ Soca Seganten termasuk salah satu TPQ dari beberapa TPQ di Kecamatan Wonosari yang mengalami perkembangan pesat. Harapan ke depannya, TPQ ini menjadi jauh lebih baik. Sementara itu Desa Sumberdem diharapkan juga menjadi baldatun thayyibatun warabbun ghofur, sebuah wilayah yang baik dan makmur berkat berdirinya lembaga pendidikan Al Quran.

“Soca Seganten juga diharapkan bisa menyiapkan generasi-generasi emas Sumberdem ke depan,” ungkap Ibu Kepala Desa.

Beberapa penampilan dan kreativitas santri dipertunjukkan oleh santriwan dan santriwati, di antaranya Tarian islami, lalaran syiir jawa yang berjudul ro’sun sirah, lalaran nazam alala yang berisi adab seorang penuntut ilmu.

Pada acara kali ini juga dibagikan sejumlah penghargaan berupa tropi piala kepada para pemenang lomba dalam acara Pekan Olahraga dan Seni Santri Madrasah Diniyah (PORSADIN). Di antara cabang lomba yang berhasil disabet oleh Madin Soca Seganten pada Porsadin tahun 2022 adalah; Juara I Lomba Tilawatil Quran. Juara III Lomba Bulu tangkis Pa, Juara II Bulu tangkis Pi, Juara III tahfiz Juz 30, dan Juara II Tenis Meja Pa.

Dalam sambutannya, Kepala Madin Soca Seganten, Bapak Anut menegaskan syarat-syarat orang menuntut ilmu sebagaimana yang telah dipaparkan dalam nazam Alala yang telah dibacakan para santri, di antaranya cerdas; bijaksana; sabar; memiliki bekal; ilmu dari guru; dan waktu yang cukup lama. Ia pun menyambungkan bahwa baik atau tidaknya akhlak seorang santri tergantung pada lingkungan tempat ia berada. Beliau mengutip nazam yang berbunyi “Anil mar’i la tas’al wa sal ‘an qaoriinihi fa innal qorina bil muqorini yaqtadi

Prosesi tasyakuran dilaksanakan usai sambutan Kepala Madrasah, dengan memanggil nama wisudawan-wisudawati satu persatu. Lalu diakhiri dengan ramah tamah.

“Alhamdulillah acara kali ini sudah berjalan lancar, namun kami berharap semoga ke depannya dapat berjalan jauh lebih baik lagi. Mulai dari persiapan salawat al Banjari hingga beberapa rangkaian acara yang ditampilkan santri,” pungkas Ibu Erik selaku Ketua Panitia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *