Berita

Resmikan Bandara Singkawang, Presiden Berharap Percepat Mobilitas Ekonomi

×

Resmikan Bandara Singkawang, Presiden Berharap Percepat Mobilitas Ekonomi

Sebarkan artikel ini
Resmikan Bandara Singkawang, Presiden Berharap Percepat Mobilitas Ekonomi
Foto Presiden RI-SC-YouTube-Sekretariat Presiden

Urupedia Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengumumkan pembukaan Bandara Singkawang di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (20/3/2024).

Dalam hal ini, Bandara Singkawang dibangun melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) dari berbagai pengusaha. Proyek pembangunan ini menghabiskan dana sekitar Rp427 miliar.

“Tadi Pak Menteri Perhubungan sudah menyampaikan bahwa dari APBN Rp272 miliar. Kemudian dari para pengusaha Rp155 milliar,” ujar Jokowi saat peresmian dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Sementara itu, Presiden RI mengharapkan bahwa kehadiran bandara ini, yang mulai dibangun sejak 2019, dapat meningkatkan mobilitas orang dan barang, serta mengerek pertumbuhan ekonomi di kawasan Singkawang.

“Kita harapkan ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang, mempercepat mobilitas logistik dari dan ke Singkawang. Kita harapkan nanti akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Singkawang,” tuturnya.

Presiden juga menekankan kepada Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, untuk segera menambah rute penerbangan ke Singkawang. Jokowi yakin bahwa banyak maskapai penerbangan akan tertarik membuka rute baru dari dan menuju Singkawang.

“Kalau bandaranya sudah siap, airportnya sudah siap, segera Pak Menhub disiapkan juga pesawat yang terbang ke sini, sebanyak-banyaknya. Asal yang penumpangnya penuh, asal penumpangnya penuh pasti akan makin banyak airlines yang datang ke Singkawang,” tandasnya.