Berita

Siap-Siap CPNS 2024 akan Dibuka, Catat Tanggalnya!

×

Siap-Siap CPNS 2024 akan Dibuka, Catat Tanggalnya!

Sebarkan artikel ini
Siap-Siap CPNS 2024 Akan Dibuka, Catat Tanggalnya!
Ilustrasi PNS-Freepik

Urupedia Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) bakal dibuka lagi tahun ini, buat yang mau jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), bilang pemerintah bakal buka seleksi buat 2,3 juta calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024.

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” kata Jokowi, Sabtu (24/4/2024).

Jokowi memastikan seleksi CASN 2024 dilakukakan secara terbuka untuk lulusan baru dan tenaga honorer. Ada 207 formasi CPNS untuk instansi pusat dan 483 ribu untuk instansi daerah.

Untuk tenaga honorer atau yang bukan ASN, pemerintah bakal buka 1,6 juta formasi PPPK. Seperti yang diketahui, pemerintah mempunyai target untuk mengubah status semua tenaga honorer jadi PPPK pada akhir tahun ini.

“Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto, bilang seleksi bakal dimulai Maret mendatang.

“Untuk mengakomodir formasi tersebut, BKN melaksanakan Seleksi CASN 2024 dilakukan sebanyak 3 periode,” ujar Haryomo, dikutip dari laman BKN.

Haryomo bilang, pengumuman dan seleksi administrasi buat calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan seleksi kedinasan periode I bakal dimulai minggu ketiga Maret 2024.

“Untuk periode II, pengumuman dan seleksi administrasi buat penerimaan CPNS dan PPPK bakal dilaksanakan Juni 2024. Sedangkan, buat periode III, pengumuman dan seleksi administrasi buat penerimaan CPNS dan PPPK bakal dilaksanakan Agustus 2024,” tandasnya.