Kitab

Terjemah Bab Hukum dan Kesaksian-Matan Al-Ghayah wat Taqrib

×

Terjemah Bab Hukum dan Kesaksian-Matan Al-Ghayah wat Taqrib

Sebarkan artikel ini
Terjemah Matan Al-Ghayah wat Taqrib karya Syekh Syihabuddin Abu Syujak Al-Ashfahani.
Ilustrasi

Urupedia Terjemah Kitab Matan Al-Ghayah wat Taqrib karya Syekh Syihabuddin Abu Syujak Al-Ashfahani. Kitab ini sering dikenal dengan Kitab Taqrib yang banyak di kaji oleh pondok pesantren.

Kitab Hukum dan Kesaksian

كتاب الأقضية والشهادات

ولا يجوز أن يلي القضاء إلا من استكملت فيه خمس عشرة خصلة: الإسلام والبلوغ والعقل والحرية والذكورة والعدالة ومعرفة أحكام الكتاب والسنة ومعرفة الإجماع ومعرفة الاختلاف ومعرفة طرق الاجتهاد ومعرفة طرف من لسان العرب ومعرفة تفسير كتاب الله تعالى وأن يكون سميعا وأن يكون بصيرا وأن يكون كاتبا وأن يكون مستيقظا

ويستحب أن يجلس في وسط البلد في موضع بارز للناس ولا حاجب له ولا يعقد للقضاء في المسجد ويسوي بين الخصمين في ثلاثة أشياء في المحل واللفظ واللحظ ولا يجوز أن يقبل الهدية من أهل عمله ويجتنب القضاء في عشرة مواضع عند الغضب والجوع والعطش وشدة الشهوة والحزن والفرح المفرط وعند المرض الأخبثين وعند النعاس وشدة الحر والبرد ولا يسأل المدعي عليه إلا بعد كمال الدعوى ولا يحلفه إلا بعد سؤال المدعي ولا يلقن خصما حجة ولا يفهمه كلاما ولا يتعنت بالشهداء ولا يقبل الشهادة إلا ممن ثبتت عدالته ولا تقبل شهادة عدو ولا شهادة والد لوالده ولا يقبل كتاب قاض إلى قاض آخر في الأحكام إلا بعد شهادة شاهدين يشهدان بما فيه.

Tidak boleh menjatuhkan hukum kecuali di dalamnya sempurna 15 hal: Islam, baligh, berakal, merdeka, laki-laki, adil, mengetahui hukum-hukum yang ada dalam quran dan hadis, mengetahui ijma’, mengetahui perselisihan, mengetahui jalan ijtihad, mengetahui ujung lisan Arab, mengetahui tafsir kitab Allah, ia mampu mendengar, ia mampu melihat, ia mampu menulis dan ia dalam keadaan sadar.

Disunahkan menempat di tengah-tengah negara di tempat yang jelas mudah di pandang manusia, tidak ada sesuatu yang menghalangi. Tidak diperkenankan duduk di masjid pada waktu menghukumi, dan menyamakan antara dua yang bersengketa dalam tiga hal: 1. Tempat duduk, 2. Lafaz, 3. Penglihatan.

Tidak diperbolehkan menerima hadiah dari karyawannya, dan harus menjauhi 10 hal ketika menghukumi: 1. marah; 2. lapar; 3. haus; 4. sangat berhasrat; 5. sangat sedih, bahagia yang melampai batas; 7. ketika sakit menahan buang air baik besar atau kecil; 8. ketika ngantuk; 9. sangat panas; 10. sangat dingin.

Tidak diperbolekan menanyai terdakwa kecuali setelah sempurnanya dakwaan, dan tidak boleh menyumpahnya kecuali setelah menanyai yang mendakwa. Tak boleh mengajarkan hujjah (argumen) kepada yang bersengketa dan juga tidak boleh memahamkan kalimat kepada yang bersangkutan dan juga tidak boleh menyifati saksi. Tidak boleh menerima saksi kecuali jelas tetap adilnya. Tidak diperbolehkan menerima kesaksian musuh memberikan saksi kepada musuhnya, kesaksian orang tua terhadap anak, kesaksian anak terhadap orang tua. Dan tidak diperbolehkan menerima buku dari hakim lain dalam menghukumi kecuali setelah kesaksian dua saksi yang keduanya telah menyaksikan apa yanga ada didalamnya.

Syarat Pembagi

(فصل) ويفتقر القاسم إلى سبع شرائط الإسلام والبلوغ والعقل والحرية والذكورة والعدالة والحساب فإن تراضى الشريكان بمن يقسم لم يفتقر إلى ذلك وإن كان في القسمة تقويم لم يقتصر فيه على أقل من اثنين وإذا دعا أحد الشريكين إلى قسمة ما لا ضرر فيه لزم الآخر إجابته.

Orang yang membagi butuh 7 syarat: 1. Islam; 2. Baligh; 3. Berakal; 4. Merdeka; 5. Laki Laki; 6. Adil; 7. Bisa menghitung.

Ketika kedua belah pihak telah merestui dengan siapa yang membagi maka tidak butuh lagi syarat tersebut. Ketika dalam bagian terdapat bagian yang perlu dikalkulasi maka tidak perlu meringkas hitungan yang kurang dari dua. Dan ketika ada salah satu dari serikat mengaku sesuatu yang tidak membahayakan maka wajib bagi yang lain mengabulkannya.

Barang Bukti

(فصل) وإذا كان مع المدعي بينة سمعها الحاكم له بها وإن لم تكن بينة فالقول قوله المدعي عليه بيمينه فإن نكل عن اليمين ردت على المدعي فيحلف ويستحق وإذا تداعيا شيئا في يد أحدهما فالقول قول صاحب اليد بيمينه وإن كان في يديهما تحالفا وجعل بينهما ومن حلف على فعل نفسه حلف على البت والقطع ومن حلف على فعل غيره فإن كان إثباتا حلف على البت والقطع وإن كان نفيا حلف على نفى العلم.

Bila yang mendakwa ada penjelasan (bukti) hendaklah didengarkan oleh hakim dan hukum tetap milik hakim terhadap penjelasan. Bila yang mendakwa tidak ada penjelasan maka ucapan yang dibenarkan adalah ucapan terdakwa dengan sumpahnya. Maka bila ia menolak maka sumpah dikembalikan ke pendakwa maka bila pendakwa bersumpah dan memiliki hak. Bila ada dua orang yang mengaku terhadap sesuatu yang ada di salah satu orang maka ucapan yang dibenarkan adalah oerang yang sedang memegang sesuatu tersebut dengan sumpahnya. Dan ketika benda tersebut di kedua belah pihak maka keduanya disumpah dan benda tersebut dibagi kepanya mereka berdua. Barang siapa bersumpah terhadap dirinya sendiri maka dia sumpah terhadap sesuatu yang putus. Barang siap yang bersumpah terhadap pekerjaan orang lain maka bila pekerjaan itu ditetapkan maka dia bersumpah yang putus, dan bila sesuatu itu bersifat naïf maka dia bersumpah terhadap nafinya pengetahuan.

Syarat Saksi

(فصل) ولا تقبل الشهادة إلا ممن اجتمعت فيه خمس خصال الإسلام والبلوغ والعقل والحرية والعدالة وللعدالة خمس شرائط أن يكون مجتنبا للكبائر غير مصر على القليل من الصغائر سليم السريرة مأمون الغضب محافظا على مروءة مثله.

Tidak sah memberikan kesaksian kecuali berkumpul padanya lima hal: 1. Islam; 2. Baligh; 3. Berakal; 4. Merdek;a 5. Adil. Dan bagi orang yang adil itu memiliki lima syarat: 1. Menjahui dosa besar; 2. Tidak menetapi sedikit dosa kecil; 3. Selamat akidahnya; 4. Dipercaya marahnya; 5. Menjaga martabatnya.

Untuk terjemah bab/kitab lain dalam Matan Al-Ghayah wat Taqrib karya Syekh Syihabuddin Abu Syujak Al-Ashfahani, bisa kalian (KLIK DISINI)

Index