BeritaOlahraga

Piala Dunia U-20 di Indonesia Pastikan Tanpa Asap, Kedip, dan Padam

×

Piala Dunia U-20 di Indonesia Pastikan Tanpa Asap, Kedip, dan Padam

Sebarkan artikel ini
Logo Resmi Piala Dunia U-20 Di Indonesia 20 Mei – 11 Juni 2023 – Doc. Kemenpora

UrupediaGelaran turnamen Piala Dunia U-20 FIFA World Cup akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Setidaknya ada 6 Stadion yang akan digunakan oleh Indonesia sebagai tuan rumah untuk mensukseskan turnamen bola dunia ini.

Enam stadion tersebut antara lain: Stadion Bung Tomo (Surabaya), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Menyikapi hal tersebut Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memastikan bahwa pertandingan Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia akan berlangsung tanpa asap, kedip, dan tanpa padam atau zero downtime.

“Kami siap menjaga keandalan pasokan listrik. Pertama, menjamin keandalan pasokan listrik tanpa padam atau zero down time. Kedua, menyiapkan pasokan listrik tanpa kedip, dan yang ketiga menyiapkan listrik tanpa asap genset, ” Tegas Darmawan Prasodjo, seperti dilansir dari laman resmi Kominfo Jatim saat mendampingi Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir meninjau Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Senin (13/3/2023).

Menurut Darmawan, di Stadion Gelora Bung Tomo PLN mencatat ada demand (permintaan) 2000 kVA. Untuk memenuhinya PLN menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply), artinya jika ada masalah maka tidak akan kedip dan atau zero down time. Sementara itu, UPS yang disiapkan berkapasitas raksasa atau sebesar 2000 kVA.

Pihaknya juga mengatakan telah menyiapkan 180 personel yang siap bekerja 24 jam menjaga pasokan listrik di stadion utama, lapangan latihan, lapangan pendukung hingga lokasi menginap atlet. Khusus media center, PLN akan menyiapkan UPS ditambah penyulang yang berdiri sendiri, sehingga tidak tersambung ke stadion utama.

Tidak hanya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) semua stadion yang akan digunakan untuk piala dunia U-20 nantinya akan menggunakan sistem kelistrikan yang sama. Untuk saat ini persiapannya sudah 70 persen, dan pihaknya memastikan bahwa sebulan sebelum FIFA WORL CUP U-20 2023 kelistrikan sudah siap 100 persen.

“Kami sudah mendiskusikan dengan FIFA, dengan cara ini, maka jika ada fluktuasi beban tidak akan menggangu stadion, ini baru pertama kali media center tidak menggunakan genset,” timpalnya.