Nasional

7 Negara Paling Religius dan Percaya Tuhan, Indonesia Gimana?

×

7 Negara Paling Religius dan Percaya Tuhan, Indonesia Gimana?

Sebarkan artikel ini
7 Negara Paling Religius dan Percaya Tuhan, Indonesia Gimana?
Ilustrasi agama-Pixabay-geralt

Urupedia – Agama adalah suatu sistem yang mengatur kepercayaan dan ritual ibadah kepada Tuhan, serta mengandung aturan-aturan yang terkait dengan adat istiadat. Pengaruhnya telah dirasakan oleh banyak individu sepanjang berabad-abad, membentuk pandangan dunia, nilai-nilai, dan perilaku masyarakat.

Pada tahun 2020, Ceoworld Magazine dan Global Business Policy Institute melakukan survei yang menilai sejauh mana tingkat keagamaan di 148 negara. Dengan melibatkan partisipasi 370 ribu orang dari seluruh dunia, penelitian ini menyelidiki pandangan tentang bagaimana agama memengaruhi pola budaya, interaksi sosial, dan peta politik global.

Ini memberikan wawasan yang berharga tentang peran agama dalam membentuk masyarakat di seluruh dunia selama bertahun-tahun. Nah, Berikut ini 7 Negera paling religious dan percaya Tuhan di dunia. Indonesia apakah salah satunya?

1. Somalia

Urutan pertama adalah Negara Somalia dengan skor religiusitas 99.8. Selain itu, Somalia memiliki sejarah spiritual yang menarik dengan beragam agama yang memengaruhi negara ini. Agama-agama seperti Islam, agama tradisional Afrika, Kristen, dan Katolik, telah memberi pengaruh dalam sejarahnya.

Dalam hal ini Islam memiliki peran yang signifikan di Somalia sejak abad ketujuh dan negara ini bahkan menjadi salah satu daerah pertama yang memeluk agama tersebut. Somalia menjadi pusat pembelajaran penting dalam dunia muslim dan membantu menyebarkan Islam di seluruh Semenanjung Arab.

Agama tradisional Afrika juga memiliki akar kuat di Somalia, dan hingga saat ini banyak masyarakat yang masih mempertahankan tradisi-tradisi ini selaras dengan keyakinan Islam.

Walaupun ke-Kristenan tiba di Somalia pada abad ke-12, agama ini masih merupakan minoritas di negara ini.

2. Nigeria

Pada posisi kedua adalah negara Nigeria dengan skor religiusitas 99.7.  Sementara itu,tentang budaya dan masyarakatnya, Nigeria adalah negara dengan mayoritas penduduk yang menganut agama Islam, terutama aliran Sunni.

Islam pertama kali diperkenalkan di Nigeria pada abad ke-15, ketika Kekaisaran Songhai mulai menyebarkan agama ini. Seiring waktu, Islam menyebar dengan cepat di seluruh wilayah Nigeria, menjadikannya agama mayoritas di negara ini.

3. Bangladesh

Selanjutnya, yang menempati posisi ketiga sebagai negara paling religius adalah Bangladesh dengan skor religiositas 99.5.

Bangladesh memiliki sejarah spiritual yang kaya dan beragam. Agama-agama seperti Hindu, Buddha, Islam, dan Kristen memiliki pengaruh signifikan di negara ini. Hinduisme dan Buddhisme datang ke Bangladesh pada abad ketiga melalui pedagang dari India dan China.

Kedua agama tersebut dengan cepat mendapat dukungan dari kelas penguasa dan menyebar di seluruh negeri melalui pembangunan kuil-kuil dan biara-biara. Keberadaan agama-agama ini telah membentuk identitas budaya dan spiritual Bangladesh, serta mempengaruhi negara ini hingga saat ini.

Sementara itu, Islam tiba di Bangladesh pada abad keenam melalui pedagang muslim dari Timur Tengah. Dengan waktu, Islam menyebar luas di seluruh wilayah Bangladesh dan menjadi agama mayoritas di negara ini.

4. Ethiopia

Kemudian, pada posisi keempat adalah negara Ethiopia dengan skor religiusitas 99.3. Ethiopia memiliki mayoritas penduduk yang menganut agama Kristen.

Tradisi di Ethiopia mencatat bahwa Kekristenan diperkenalkan ke Kekaisaran Aksum pada abad keempat Masehi. Saat itu, seorang misionaris berbahasa Yunani bernama Frumentius berperan penting setelah mengambil alih posisi Raja Ezana.

Peran Frumentius menjadi awal dari sejarah panjang agama Kristen di Ethiopia. Ia dihormati sebagai santo dalam Gereja Ortodoks Ethiopia dan diakui sebagai tokoh yang berjasa dalam melestarikan dan mempromosikan iman Kristen di negara tersebut selama berabad-abad.

5. Yaman

Posisi kelima sebagai negara paling religious adalah Yaman dengan skor religiositas 99.1. Yaman memiliki sejarah spiritual yang kaya. Yudaisme, Kekristenan, dan Islam juga memiliki pengaruh yang signifikan di negara ini.

Islam memang memiliki peran penting di Yaman sejak abad ketujuh masehi. Nabi Muhammad mengirim menantunya sebagai Gubernur Yaman, yang menjadi awal dari penyebaran Islam di wilayah ini. Dari Yaman, agama Islam menyebar dengan cepat ke seluruh Semenanjung Arab. Yaman juga menjadi pusat pembelajaran dan ilmu pengetahuan bagi umat muslim di berbagai wilayah.

6. Malawi

Malawi merupakan negara yang paling religious dengan skor religiusitas 99. Negara ini memiliki warisan spiritual yang kompleks melalui agama-agama tradisional Afrika, ke-Kristenan, dan Islam. Agama-agama ini memainkan peran penting dalam membentuk budaya dan sejarah negara ini.

Agama-agama tradisional Afrika telah ada di Malawi selama berabad-abad dan masih memiliki pengaruh besar pada masyarakat. Meskipun ke-Kristenan diperkenalkan oleh para misionaris Eropa pada abad ke-19, agama ini telah berkembang pesat dan menjadi mayoritas di negara ini. Sementara itu, Islam juga ada di negara ini dan memiliki pengikut yang cukup signifikan.

Semua agama ini berdampingan dan menciptakan lanskap keagamaan yang beragam di Malawi, yang juga memengaruhi kehidupan sosial, budaya, dan sejarah negara ini.

7. Indonesia

Terakhir, adalah Indonesia sebagai negara dengan yang paling religius dan dekat dengan Tuhan, dengan skor Religiositas 98.7

Indonesia memiliki keberagaman agama yang sangat kaya. Saat ini, ada enam agama resmi yang diakui yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu.

Agama Hindu dan Buddha masuk ke Indonesia pada abad pertama dan kedua Masehi melalui para pedagang dari India dan China. Kedua agama tersebut dengan cepat menyebar di seluruh kepulauan dan menjadi agama populer di kalangan elit.

Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13 melalui pengaruh para pedagang muslim dari Timur Tengah. Lambat laun, Islam mendapatkan pijakan di seluruh wilayah Indonesia dan akhirnya menjadi agama mayoritas di negara ini.

Pada abad ke-16, bangsa Eropa, khususnya bangsa Portugis, Belanda, dan Spanyol, juga memperkenalkan Kekristenan ke Indonesia. ke-Kristenan pun menjadi salah satu agama yang dianut oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Keberagaman agama ini telah membentuk lanskap keagamaan yang unik dan beragam di Indonesia, serta memiliki pengaruh yang signifikan dalam kehidupan sosial dan budaya negara ini.

Index