Berita

Gebrakan Baru Pelajar NU Tulungagung, ‘Safari Ramadan at School’ Jadi Trobosan

×

Gebrakan Baru Pelajar NU Tulungagung, ‘Safari Ramadan at School’ Jadi Trobosan

Sebarkan artikel ini
Gebrakan Baru Pelajar NU Tulungagung, 'Safari Ramadhan at School' Jadi Trobosan
Dok. Istimewa Pelajar NU Kecamatan Gondang Tulungagung

Urupedia Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Gondang membuat gebrakan “Safari Ramadhan At School” dengan memberikan materi ubudiyah hingga adab bermedsos di sekolah-sekolah.

Ketua PAC IPNU Gondang, Hamim Badrul Alam menjelaskan bahwa inisiasi ini berangkat dari permintaan beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Gondang. Terutama pada tingkatan SMP dan SMA sederajat.

“Untuk materi yang di sampaikan kita fleksibel seputar Ramadan, misalnya bab puasa zakat dan salat tarawih. Kalau di Mts Assyafi’iyyah gondang kami akan membawakan materi adab bermedia sosial,” ujar Hamim Badrul Alam, Rabu (27/03/2024).

Pemuda yang tengah menyelesaikan kuliah di Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung ini berharap secara substansial para siswa-siswi bisa menyerap materi dengan baik. Terlebih materi dalam hal ubudiyah maupun amaliyah.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan Safari Ramadhan eksistensi IPNU-IPPNU di kalangan pelajar tetap terjaga. Sehingga IPNU-IPPNU akan terus ada sampai kapanpun dan dimanapun.

“Lebih-lebih dapat memotivasi berdirinya Pengurus Komisariat IPNU IPPNU di kalangan sekolah,” paparnya.

Senada, salah satu guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMAN 1 Gondang, Rizal mengatakan kegiatan yang diinisiasi oleh pelajar NU Gondang sesuai dengan tema output yang diinginkan, yakni Cinta Ramadhan, Cinta Mengaji, Cinta Menulis, Cinta Ilmu, Cinta Rasul, Cinta Pondok, Cinta Digital.

“Sehingga (dengan mengikuti kegiatan, red) anak itu supaya mengetahui bagaimana mengaji, adab langsung dari sumbernya. Maka didatangkan dari IPNU IPPNU dan ustadz dari luar,” kata Rizal.

Dengan begitu, usai mengikuti pondok Ramadan, lebih bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Imbang antara ilmu pengetahuan umum, agama, dan juga tak kalah penting adab.

Sementara salah satu siswi, Siska mengungkapkan dengan adanya pemateri dari IPNU IPPNU menjadikan kegiatan pondok romadhon ini lebih menarik. Pasalnya, yang biasanya hanya di isi oleh guru internal.

“Sekarang di isi oleh IPNU IPPNU, Yang mana usia IPNU IPPNU setara. Jadi lebih faham dengan keadaan saat ini,” beber Siska Siswa kelas 11

Selain itu, menurutnya dengan adanya pemateri dari PAC IPNU IPPNU kegiatan pondok Ramadan ini lebih seru dan lebih bisa di fahami daripada tahun kemarin

“Sebab materi-materi yang di sampaikan lebih jelas serta penyampaiannya santai tidak saklek (kaku tekstual),” tandasnya.