Berita

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan

×

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan
Gambar Kacang Mete-Pixabay-Michael_Luenen

Urupedia Kacang mete berasal dari pohon jambu mete, di mana bagian yang bisa dikonsumsi adalah bijinya. Oleh karena itu, kacang ini perlu diolah sebelum dimakan.

Dengan bentuknya yang unik dan rasanya yang gurih, kacang mete menjadi camilan sehat yang banyak digemari.

Banyak orang menikmati kacang mete sebagai teman waktu senggang. Meskipun disebut ‘kacang’, makanan ini kaya akan lemak sehat dan merupakan sumber protein yang baik.

Nah, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, inilah khasiat atau manfaat mengonsumsi kacang mente bagi kesehatan tubuh:

1. Mengurangi Kolesterol

Kacang mete sering dianggap kurang sehat karena kandungan lemak jenuhnya. Namun, sebagian besar lemak ini berupa asam stearat, yang menurut para ahli tidak berdampak signifikan pada kadar kolesterol darah. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang mete dalam jumlah cukup setiap hari dapat menurunkan kolesterol “jahat” LDL.

2. Menjaga Kesehatan Kantung Empedu

Menurut penelitian yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi kacang mete dapat mengurangi risiko pengangkatan kantung empedu.

Studi ini menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari lima ons kacang per minggu memiliki risiko lebih rendah mengalami kolesistektomi, yaitu prosedur bedah untuk mengangkat kantung empedu.

3. Menurunkan Risiko Stroke

Kandungan magnesium dalam kacang mete juga berperan dalam mengurangi risiko stroke. Hubungan ini terutama kuat pada stroke hemoragik, yang terjadi ketika pembuluh darah yang melemah pecah dan menyebabkan pendarahan di otak.

Index