Nasional

Guna Hindari Kemacetan, Madin di Tulungagung Pilih Gelar Panggung Festival Takbir

×

Guna Hindari Kemacetan, Madin di Tulungagung Pilih Gelar Panggung Festival Takbir

Sebarkan artikel ini
Trobosan Kurangi Kemacetan! Madin di Tulungagung Pilih Gelar Panggung Festival Takbir
Suasana panggung ‘Festival Takbir’ Madin Hidayatut Thullab Tulungagung-Dokumen Madin

Urupedia Salah satu koordinator panitia Panggung Festival Takbir, Hamim Badrul Alam mengungkapkan latar belakang acara ini yakni guna menghindari kemacetan. Karena kebanyakan takbir keliling pasti akan menghambat lalu lintas.

“Oleh sebab itu di Pesantren Madin Hidayatut Thullab mengadakan Festival Takbir dalam rangka Hari Raya Idul Adha,” papar Hamim Badrul Alam, Ahad (16/06/2024).

Hamim yang juga sebagai Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kecamatan Gondang ini mengatakan konsep yang diusung adalah seperti dengan panggung seni.

Lalu, peserta tampil bergantian dari santri-santri Madin diakhiri dengan Hadrah dari IPNU IPPNU Desa Kendal dengan melantunkan takbir.

Hamim menjelaskan untuk lokasi yang dipilih adalah Masjid Besar Al-Muntinah yang hanya terpaut puluhan meter dari madin. Jumlah peserta kurang lebih 200 orang baik santri maupun warga sekitar.

“Untuk antusiasme dari peserta sendiri dan juga warga sekitar yakni dibuktikan dengan datangnya para santri-santri dan juga masyarakat,” ulasnya.

Mahasiswa Universitas Bhineka PGRI Tulungagung ini mengaku acara dimeriahkan juga dengan penerbangan lampion dari wali murid atau wali santri. Ditambah lagi ada api unggun serta pembagian doorprize dari ustadz-ustadzah Madin Hidayatut Thullab.

Pihaknya berharap dengan acara ini semakin menyadarkan generasi muda untuk bertakbir pada acara Idul Adha dengan tidak berkonvoi. Karena masih perdana, Hamim menjelaskan kemungkinan baru pertama di Tulungagung panggung takbir ini akan menjadi agenda tahunan.

“Untuk kedepannya mungkin akan dirutinkan kegiatan ini,” tandasnya.