Esai

Dunia Kerja dalam Genggaman dengan Kompetensi Global

×

Dunia Kerja dalam Genggaman dengan Kompetensi Global

Sebarkan artikel ini
Dunia Kerja dalam Genggaman dengan Kompetensi Global
Ilustrasi sukses dunia kerja dengan kompetensi internasional – Geralt – Pixabay

UrupediaDunia kerja merupakan lingkungan yang sangat erat sekali dengan sebuah pekerjaan. Pekerjaan pun juga bermacam-macam, ada yang menggunakan akal saja, okol (tenaga) bahkan ada juga yang akal dan okol secara bersamaan.

Dunia kerja juga tak semudah apa yang dibayangkan, persaingan juga sangat ketat dan sulit. Hal ini pun juga bisa membuat seseorang menjadi kebingungan bahkan ada yang sampai depresi.

Dalam hal inipun, diri seseorang pun juga turut di uji. Entah itu mentalnya, tenaganya bahkan akalnya untuk mempersiapkan dunia kerja. Apalagi jika ingin bersaing dengan lingkup global pastinya akan lebih sulit lagi karena yang banyak orang yang menginginkannya dan pesaingnya ada di seluruh dunia, dan pastinya mereka semua pasti sudah dibekali dengan kompetensi sekelas dunia juga.

Untuk menghadapi hal itu semua, tentunya ada tahapan-tahapan sebelumnya yang harus dipersiapkan dengan baik. Jangan sampai kita bingung jika sudah berhadapan dengan dunia kerja tersebut.

Kemudian yang menjadi pertanyaan, bagaimana agar seseorang bisa menghadapi dunia kerja? Dan apa saja persiapannya? Ada beberapa untuk mempersiapkan hal itu semua, antara lain:

1. Mental

Hal pertama yang harus dipersiapkan tentunya mental, karena mental adalah kunci dari dunia kerja. Apabila mental seseorang rendah maka ia akan kebingungan jika dihadapkan dengan dunia kerja yang persaingannya sangat ketat.

Oleh karena itu, jika kalian belum mempersiapkannya, maka persiapkan mulai dari sekarang, jangan hiraukan orang-orang yang mencela dan mengkritik. Tapi buat kritikan seseorang tersebut menjadi sebuah motivasi yang besar agar bisa melangkah menuju puncak.

2. Lihat Diri Sendiri

Mengenai diri sendiri merupakan hal yang mudah-muda sulit, karena harus melihat betul-betul diri kita. Ketahui kelemahan diri kita agar kita bisa memperbaikinya dan kita juga harus mengetahui kelebihan kita agar kita bisa mengembangkannya ke arah lebih baik lagi.

Jika sudah kalian lakukan, kemudian cari strategi agar bisa lebih melejit lagi dan standarkan kemampuan kalian setara dengan kompetensi kerja dunia atau internasional.

3. Asah Kemampuan

Kemampuan yang dimiliki seseorang pasti berbeda-beda, oleh karena itu agar kita tidak ketinggalan, kita juga harus mengasahnya. Ibarat sebuah pisau, jika terus menerus diasah maka akan tajam dan terlatih.

Dengan seperti itu maka apapun yang akan dilakukan jika sesuai dengan kemampuan akan bagus dan rapi. Kita pun juga akan semakin percaya diri dengan kemampuan yang kita miliki dan tidak akan tahu dengan kemampuan kita.

4. Sesuaikan dengan Kurikulum Internasional

Kemampuan seseorang pasti ada kesamaan satu dengan yang lain. Oleh karena itu jika kita ingin bersaing maka kita harus menyesuaikan dengan kurikulum internasional.

Hal ini dimaksudkan agar kita tidak kaget apabila disandingkan dengan seseorang yang levelnya tingkat internasional. Jika kurikulum internasional telah kita lalui, maka kita tidak akan ragu dan malu dengan orang lain.

Menyesuaikan dengan kurikulum internasional itu pun juga harus harus melewati pendidikan internasional. Karena dengan pendidikan internasional itu kita bisa lebih terperinci dalam melakukan suatu hal.

5. Bangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan merupakan hal yang penting untuk dilakukan, karena dengan membangun kepercayaan tersebut kita bisa memperoleh jalan yang yang mudah dalam bersaing.

Hal inipun juga banyak dilakukan oleh orang-orang yang memiliki bisnis besar. Dengan kepercayaan yang baik, dengan harga berapapun orang-orang akan lebih melihat kita dari pada orang lain.

6. Evaluasi

Yang terakhir jangan lupa untuk mengevaluasi semua hal yang telah dilakukan. Karena dengan kita mengevaluasi, kita bisa mencari jalan keluar apabila ada masalah dan jika ada kelebihan bagaimana jika kita mempertahankannya dan lebih meningkatkannya ke arah yang lebih lagi.

Itulah beberapa hal yang harus kita persiapkan, yang terpenting dari itu semua adalah mentalitas dan kompetensi yang baik. Terlebih apabila memiliki kompetensi internasional, hal itu semakin membuka peluang.

Sampoerna University menawarkan sebuah pengalaman belajar yang setara dengan kurikulum internasional. Program yang di usung oleh Sampoerna University pun juga tak main-main. Karena telah bekerjasama dengan University of Arizona dalam proses pembelajarannya.

Dengan belajar melalui Sampoerna University kita bisa lebih tahu dan mengerti banyak hal. Karena secara tidak langsung kita dipersiapkan untuk menghadapi secara dunia, baik secara bahasa, lingkungan, keterampilan dan lain sebagainya yang tentunya akan menambah potensi yang kita miliki.

Penulis: Hafidz Farosy Ilmi Nur

Index