Nasional

Keutamaan Membaca Selawat Nabi menurut Sayyid Bakri dalam Kifayatul Atqiya

×

Keutamaan Membaca Selawat Nabi menurut Sayyid Bakri dalam Kifayatul Atqiya

Sebarkan artikel ini
Keutamaan Membaca Selawat Nabi menurut Sayyid Bakri dalam Kifayatul Atqiya
Ilustrasi-Pixabay-Shah_grapchics99

Urupedia – Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh umat Islam ketika mereka membaca selawat. Tindakan membaca selawat adalah cara untuk memberikan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW dan juga merupakan bentuk doa yang bernilai dalam agama Islam.

Dalam setiap salat yang mereka lakukan, umat Islam diingatkan untuk membaca selawat nabi ketika mereka duduk di tahiyat akhir. Seperti, perintah membaca sholawat termaktub dalam Al Quran surah Al-Ahzab ayat 56. Allah SWT berfirman,

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Selain itu, membaca selawat nabi memiliki banyak keutamaan. Selain pahala yang diberikan, kegiatan membaca selawat juga dapat membantu menghapus dosa-dosamu dan meningkatkan derajat spiritualmu.

Dalam hadits, dinyatakan bahwa satu selawat kepada Nabi Muhammad SAW akan mendatangkan sepuluh kali lipat selawat dari Allah, menghapus sepuluh dosa, dan meningkatkan derajat mereka sebanyak sepuluh tingkatan.

Sebagaimana hadits riwayat An-Nasa’i berikut ini:

 مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: “Siapa saja yang membaca shalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali, menghapus sepuluh dosanya, dan mengangkat derajatnya sepuluh tingkatan. (HR An Nasa’i)

Dilansir dari NU Online, dalam kitab Kifayatul Atqiya wa Minhajul Ashfiya, Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi menguraikan sepuluh keutamaan yang diperoleh oleh mereka yang membaca selawat. Keutamaan-keutamaan ini diambil dari Al-Qur’an dan hadits-hadits Rasulullah SAW, dan berikut adalah parafrase dari setiap keutamaan tersebut:

  1. Shalatul malikil ghaffar: Membaca selawat membawa rahmat dari Allah yang Maha Kuasa dan Maha Pengampun.
  2. Syafa’atun nabiyyil mukhtar: Membaca selawat merupakan cara untuk meraih syafaat (perantaraan) dari Nabi Muhammad, nabi yang dipilih.
  3. Al-iqtida bil mala’ikatil abrar: Dengan membaca selawat, kita mengikuti tradisi malaikat yang saleh.
  4. Mukhalafatul munafiqin wal kuffar: Membaca selawat membantu kita membedakan diri dari orang-orang munafik dan kafir.
  5. Mahwul khathaya wal awzar: Membaca selawat membantu menghapus kesalahan dan dosa-dosa.
  6. Qadha’ul hawa’ij wal awthar: Tindakan membaca selawat membantu pemenuhan hajat dan harapan kita.
  7. Tanwiruz zawahir wal asrar: Membaca selawat membawa penerangan baik secara lahir maupun batin.
  8. An-najatu minan nar: Membaca selawat merupakan sarana untuk mencapai keselamatan dari neraka.
  9. Dukhulu daril qarar: Melalui membaca selawat, kita berharap masuk ke dalam surga.
  10. Salamul azizil jabbar: Membaca selawat membawa salam dari Allah yang Maha Mulia dan Maha Kuasa.

Dengan demikian, Semua keutamaan ini menunjukkan betapa pentingnya membaca selawat dalam kehidupan sehari-hari umat Islam dan bagaimana tindakan tersebut membawa berbagai keberkahan serta manfaat spiritual.