Nasional

Penting! Kurang Tidur Dapat Mengakibatkan Beberapa Penyakit Kronis, Simak Ini

×

Penting! Kurang Tidur Dapat Mengakibatkan Beberapa Penyakit Kronis, Simak Ini

Sebarkan artikel ini

Urupedia – Kurang tidur tentunya akan memicu gangguan kesehatan, tapi banyak orang yang sering mengabaikannya. Orang yang terbiasa tidur terlalu larut bisa berdampak pada kekurangan waktu tidur rentan terhadap penyakit jantung.

Akibat kurang tidur juga, dapat menurunkan proses metabolisme dan meningkatkan tekanan darah sehingga proses kerja jantung menjadi kurang baik.

Seperti dilansir dari laman Times of India, Minggu (19/1/2023), sebuah studi yang diterbitkan dalam European Heart Journal-Digital Health pada November 2022 menunjukkan adanya hubungan antara waktu mulai tidur dan kejadian penyakit kardiovaskular.

Temuan ini menegaskan bahwa kurang tidur berhubungan dengan hipertensi, penyakit jantung, diabetes melitus atau gangguan toleransi glukosa.

“Kurang tidur juga meningkatkan aktivitas sistem saraf simpatik, detak jantung dan vasokonstriksi serta retensi garam. Faktor-faktor ini terkait dengan hipertensi yang disebabkan oleh over drive jantung dan volume yang berlebihan,” tulis penelitan tersebut.

Jam tidur efektif yaitu:

Usia 12-18 tahun: menjelang remaja sampai remaja kebutuhan tidur yang sehat adalah 8-9 jam.

Usia 18-40 tahun: orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap hari.

Sebagian orang pasti tidak peka terhadap kondisi tidur mereka dan tidak peduli pada jam tidur mereka padahal hal itu sangat berpengaruh dalam kehidupan sekarang maupun waktu yang akan datang.