Esai

Resensi Buku Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono

×

Resensi Buku Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono

Sebarkan artikel ini
media urup urupedia sastra Resensi Buku Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono
Foto Buku Novel Sapardi Djoko Damono-Dok.Istimewa

Judul               : Hujan Bulan Juni

Penulis             : Sapardi Djoko Damono

Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan           : Kedua puluh dua, Juli 2021

Tebal               : 135 halaman

ISBN               : 978-602-03-1843-1

Peresensi         : Al Fatih Rijal Pratama

Novel yang berjudul “Hujan Bulan Juni” merupakan salah satu karya dari maestro sastra Indonesia yakni Sapardi Djoko Damono, yang pertama kali terbit pada tahun 2015 oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama. Sekarang buku tersebut telah dicetak ulang beberapa kali, dalam buku yang saya resensi ini telah dicetak sebanyak dua puluh dua.

Novel “Hujan Bulan Juni” ini merupakan interprestasi atau ahli wahana dari antologi puisi yang berjudul “Hujan Bulan Juni” (1994). Setelah membaca novel ini tentu kita akan mengingat akan tiga buah sajak yang berjudul “Aku Ingin.” Sajak ini termuat dalam novel tersebut yang menjadikan romantisme dalam hubungan percintaan antara Sarwono dan Pingkan. Berikut kutipan sajak puisi “Aku Ingin”:

aku ingin mencintaimu dengan sederhana

dengan kata yang tak sempat diucapkan

kayu kepada api yang menjadikannya abu

aku ingin mencintaimu dengan sederhana:

dengan isyarat yang tak sempat disampaikan

awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

1989

Daftar Isi

Novel “Hujan Bulan Juni” ini menceritakan hubungan asmara antara Sarwono dan Pingkan yang digambarkan secara rinci melalui tingkah laku dalam menjalin sebuah asmara serta saat menghadapi berbagai problem-problem (masalah-masalah, red) kehidupan.

Tak hanya itu saja, dalam novel tersebut juga menceritakan tentang perbedaan hubungan antara Sarwono dan Pingkan yang berbeda agama, suku, adat dan budaya. Dengan diceritakan secara kompleks dan implisit antara permasalahan hubungan keluarga dan cinta yang berjarak. Hubungan tersebut membuat mereka berdua bingung kapan hubungan tersebut berlanjut ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan.

Awal mula cerita itu, dikisahkan mengenai sosok pemuda yang bernama Sarwono panggilan akrabnya, yang merupakan seorang berdarah jawa yang tinggal di daerah solo. Dia terlahir dalam keluarga yang memiliki kehidupan yang sederhana dengan kebudayaan Jawa, orang tua Sarwono merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil.

Sarwono adalah seorang antropolog sekaligus dosen muda yang mengajar di program studi antropologi. Sarwono pandai menulis puisi yang kerap dimuat di surat kabar terutama dalam surat kabar Swara Keyakinan.

Tulisannya Sarwono juga telah menjadi pengisi tetap dalam media cetak tersebut. Sarwono dalam cerita novel tersebut digambarkan sebagai sosok pemuda yang cerdas, mandiri, saleh, romantis dan bekerja keras.

Dikisahkan bahwa Sarwono pertama kali mengenal Pingkan karena dia adalah adik dari temannya yang bernama Toar. Pingkan adalah seorang dosen muda dari program studi bahasa Jepang yang digambarkan sebagai sosok perempuan yang cerdas, ceria, dermawan dan berperilaku baik kepada sekitarnya. Pingkan adalah seorang blasteran antara Jawa dengan Manado. Ayah Pingkan adalah orang Minahasa yang menikah dengan Ibu Hartini, orang Jawa.

Hubungan antara Sarwono dan Pingkan seringkali mengalami sebuah problem (masalah, red) yang disebabkan adanya perbedaan, terutama dalam agama dan adat antara kedua keluarga asmara tersebut. Dimana hal tersebut membuat hubungan mereka menjadi rumit, penuh dilema dan pergulatan batin.

Belum lagi kabar mengenai Pingkan yang harus pergi ke Jepang karena mendapatkan beasiswa di Universitas Kyoto. Kabar tersebut telah membuat Sarwono yang awalnya merasa ketakutan dan khawatir, karena kepergian Pinkan di Jepang itu bersama dengan Katsuo Suntoloyo yang merupakan teman dekat Pingkan. Katsuo Suntoloyo seorang dosen Jepang yang pernah menempuh kuliah di Universitas Indonesia atau tempat Sarwono dan Pingkan mengajar.

Kepergian Pingkan tersebut juga telah membuat kondisi Sarwono seringkali berhalusinasi, bahkan sampai terbawa mimpi karena Katsuo Sontoloyo ini menaruh hati pada Pingkan. Namun, Sarwono tetap berpikir dengan tenang dan postif karena ia yakin akan kesetiaannya Pingkan kepada dirinya.

Permasalahan dalam hubungan asmara kedua tokoh tersebut tidak hanya soal perginya Pingkan, namun juga hubungan antara keluarga Pingkan yang terjadi saat Sarwono berkunjung ke rumah Bibi Henny, tantenya Pingkan. Dalam permasalahan ini menjadi semakin rumit karena keluarga Pingkan juga mendesak Pingkan untuk mau dijodohkan dengan dosen muda yang telah kenal dengannya di Manado, yaitu Tumbelaka.

Tak hanya soal perjuangan asmara saja, dalam novel tersebut juga menceritkan perjuangan Sarwono melawan penyakitnya yang dideritanya, yaitu paru-paruh basah atau flek. Sampai pada puncaknya Sarwono mengalami kondisi kritis hingga harus berbaring lemas di rumah sakit. Hal itulah yang telah membuat Pingkan kembali ke Indonesia untuk menjenguk Sarwono sang kekasihnya.

Uniknya, novel Hujan Bulan Juni ini memiliki sampul yang elegan dan menarik dengan efek tulisan basah seperti terkena tetesan air. Selain itu, dalam novel tersebut memiliki gaya bahasa indah yang mengalir dalam setiap kalimat yang diungkapkan begitu puitis dan kaya makna.

Akan tetapi, dalam novel tersebut juga ada beberapa kelemahan, yaitu penyajian cerita yang masih nanggung atau belum selesai. Dan juga adanya beberapa kalimat dengan penggunaan gaya bahasa yang barangkali susah dimengerti khalayak umum.

Sebagai penutup yang mungkin menarik ditulis untuk mengakhiri dari akhir tulisan resensi ini adalah sepenggal kalimat yang saya dapatkan setelah membaca buku antologi cerpen karya Dewi Lestari yang berjudul Filosofi Kopi yang berbunyi, “Mencinta tanpa takut kehilangan Cinta.”

Editor: Munawir Muslih

Daftar Isi

Index