Mozaik

Doa ketika Memulai Aktivitas, Baca Ini menurut Imam Al-Ghazali

×

Doa ketika Memulai Aktivitas, Baca Ini menurut Imam Al-Ghazali

Sebarkan artikel ini

Urupedia Berdoa menjadi kunci kesuksesan bagi setiap muslim dalam segala aktivitas, termasuk saat memulai sebuah pekerjaan. Dengan mengarahkan hati dan niat kita kepada Allah SWT, kita meminta keberkahan dan petunjuk-Nya dalam setiap langkah.

Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap upaya kita diberkahi oleh-Nya. Sehingga pekerjaan yang kita jalani akan berjalan lancar dan penuh berkah.

Apalagi, setiap harinya, kita menjalani rutinitas kehidupan yang beragam. Kadang-kadang, kita juga harus memasuki bidang-bidang baru. Saat memulai aktivitas atau menjelajahi bidang baru tersebut, kita memohon kepada Allah agar senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran.

Imam Al-Ghazali menyarankan kita untuk membaca doa berikut saat memulai aktivitas baru atau memasuki bidang kehidupan yang belum kita jelajahi sebelumnya. (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman 408). Doa ini diambil dari Al-Qur’an, sebagaimana berikut:

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي

Rabbanā ātinā min ladunka rahmatan, wa hayyi’ lanā min amrinā rasyadan (Surat Al-Kahfi ayat 10), rabbisyrah lī shadrī, wa yassir lī amrī. (Surat Thahā ayat 25-26).

Artinya: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku.”

Menurut Sayyid Muhammad Az-Zabidi dalam Kitab Ithafus Sadatil Muttaqin (Syarah Ihya Ulumiddin), doa ini sesuai untuk dibaca ketika kita hendak memulai aktivitas baru atau menjelajahi aspek-aspek baru dalam kehidupan kita. (Az-Zabidi, Ithaf, [Beirut, Muassasatut Tarikh Al-Arabi: 1994 M/1414 H], juz V, halaman 103-104).

Dengan berdoa, kita berharap agar Allah melancarkan segala aktivitas kita tanpa ada hambatan yang berarti. Wallahu a’lam