Urupedia – Lirik sholawat viral yang berjudul “Sifate Murid Ingkang Bagus” ini berasal dari kitab “Busyrol Karim” Karya KH. Rois Yahya Dahlan. Beliau merupakan pengasuh Pondok Pesantren (PP) Miftahul Ulum Yahyawiyyah Talun, Kayen, Pati.
Sholawat dengan judul yang memiliki arti “Sifat Murid yang Bagus” ini berisi lima ajaran penting yang perlu terus diamalkan oleh para murid maupun santri di seluruh dunia. Supaya mereka bisa mendapatkan keberkahan dari guru dan ilmunya.
Berikut lirik lengkap dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia:
Sifate murid ingkang bagus
(Sifat murid yang bagus)
Iku limo dingamal terus
(Itu lima yang perlu diamalkan terus)
Kangdihin iku husnudhone
(Yang pertama itu husnudhan)
Marang guru tingkah lakune
(Kepada perbuatan guru)
Kangdihin iku husnudhone
(Yang pertama itu husnudhan)
Marang guru tingkah lakune
(Kepada perbuatan guru)
Kangdihin iku husnudhone
(Yang pertama itu husnudhan)
Marang guru tingkah lakune
(Kepada perbuatan guru)
Kapindo ngelakoni perintah
(Yang kedua menjalankan perintah)
Sangking gurune ikhlash manah
(Dari gurunya dengan ikhlas hati)
Kapindo ngelakoni perintah
(Yang kedua menjalankan perintah)
Sangking gurune ikhlash manah
(Dari gurunya dengan ikhlas hati)
Selagine ora maksiat
(Selama tidak bermaksiat)
Iku anut ing hukum syari’at
(Itu menaati hukum syari’at)
Selagine ora maksiat
(Selama tidak bermaksiat)
Iku anut ing hukum syari’at
(Itu menaati hukum syari’at)
—
Sifate murid ingkang bagus
(Sifat murid yang bagus)
Iku limo dingamal terus
(Itu lima yang perlu diamalkan terus)
Kangdihin iku husnudhone
(Yang pertama itu husnudhan)
Marang guru tingkah lakune
(Kepada perbuatan guru)
Kangdihin iku husnudhone
(Yang pertama itu husnudhan)
Marang guru tingkah lakune
(Kepada perbuatan guru)
Kangdihin iku husnudhone
(Yang pertama itu husnudhan)
Marang guru tingkah lakune
(Kepada perbuatan guru)
Kaping telu tinggal cecegahan
(Yang ketiga meninggalkan larangan)
Sangking guru aweh pituturan
(Dari guru yang memberi nasihat)
Kaping telu tinggal cecegahan
(Yang ketiga meninggalkan larangan)
Sangking guru aweh pituturan
(Dari guru yang memberi nasihat)
Kaping papat hormat gurune
(Yang keempat menghormati guru)
Kaping limo ndonga’aken bagusane
(Yang kelima mendoakan kebaikan guru)
Kaping papat hormat gurune
(Yang keempat menghormati guru)
Kaping limo ndonga’aken bagusane
(Yang kelima mendoakan kebaikan guru)
Sifate murid ingkang bagus
(Sifat murid yang bagus)
Iku limo dingamal terus
(Itu lima yang perlu diamalkan terus)
Kangdihin iku husnudhone
(Yang pertama itu husnudhan)
Marang guru tingkah lakune
(Kepada perbuatan guru)
Kangdihin iku husnudhone
(Yang pertama itu husnudhan)
Marang guru tingkah lakune
(Kepada perbuatan guru)
Kangdihin iku husnudhone
(Yang pertama itu husnudhan)
Marang guru tingkah lakune
(Kepada perbuatan guru)
Supoyo murid hasil berkah
(Supaya murid mendapatkan berkah)
Ilmune manfaat kanggo ibadah
(Ilmunya bermanfaat untuk beribadah)
Supoyo murid hasil berkah
(Supaya murid mendapatkan berkah)
Ilmune manfaat kanggo ibadah
(Ilmunya bermanfaat untuk beribadah)
Ojo murid iku su’ul adab
(Jangan menjadi murid yang su’ul adab)
Supoyo dadi ulul albab
(Supaya menjadi ulul albab)
Ojo murid iku su’ul adab
(Jangan menjadi murid yang su’ul adab)
Supoyo dadi ulul albab
(Supaya menjadi ulul albab)
—
Sifate murid ingkang bagus
(Sifat murid yang bagus)
Iku limo dingamal terus
(Itu lima yang perlu diamalkan terus)
Kangdihin iku husnudhone
(Yang pertama itu husnudhan)
Marang guru tingkah lakune
(Kepada perbuatan guru)
Kangdihin iku husnudhone
(Yang pertama itu husnudhan)
Marang guru tingkah lakune
(Kepada perbuatan guru)
Kangdihin iku husnudhone
(Yang pertama itu husnudhan)
Marang guru tingkah lakune
(Kepada perbuatan guru)