Berita

Dewas Ungkap Kasus Pungli Terjadi Di Tiga Rutan KPK

×

Dewas Ungkap Kasus Pungli Terjadi Di Tiga Rutan KPK

Sebarkan artikel ini
Dewas Ungkap Kasus Pungli Terjadi Di Tiga Rutan KPK
Ilustrasi KPK-SC-Instagram-KPK

Urupedia Kasus Pungutan Liar (Pungli) di Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menimbulkan keterlibatan puluhan pegawai KPK. Seperti yang diumumkan oleh Dewan Pengawas (Dewas), pungli ini dilaporkan terjadi di tiga Rutan KPK.

“Yang pertama di Merah Putih, yang kedua di sini (Rutan) C1, ketiga di Rutan Guntur,” kata Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris baru-baru ini, dilansir dari .

Syamsuddin mengungkapkan bahwa praktik pungli tersebut bertujuan agar tahanan dapat menikmati fasilitas tambahan, seperti memesan makanan dan menggunakan alat telekomunikasi.

“Intinya, segala macam, ada untuk pesan makanan, untuk bisa mengunakan HP. Mungkin juga untuk yang ada maksud itu ya (suap pungli untuk besuk di luar jadwal kunjungan tahanan),” kata Syamsuddin.

Sebanyak 93 pegawai KPK terlibat dalam masalah etik karena diduga terlibat dalam kasus pungli. Dewas KPK telah melakukan pemeriksaan etik terhadap mereka, dengan 9 berkas yang terlibat. Hingga saat ini, 6 berkas perkara telah diperiksa, sementara 3 berkas lainnya masih dalam tahap penelaahan.

Dewan Pengawas KPK berencana menjatuhkan vonis etik terkait kasus pungli pada bulan mendatang, setelah melaksanakan pemeriksaan terhadap 18 dari 93 pegawai rutan KPK pada Senin (22/1/2024).

“Putusannya nanti tanggal 15 Februari 2024,” tegas anggota Dewas KPK, Albertina Ho.