Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Esai

Pengembangan Berkelanjutan Pendidikan Indonesia Melalui Kurikulum Internasional

×

Pengembangan Berkelanjutan Pendidikan Indonesia Melalui Kurikulum Internasional

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi pendidikan kurikulum internasional – geralt – Pixabay-
Kurikulum Internasional; Sekat terhadap Budaya Lokal?

Setiap negara memiliki acuan tersendiri untuk arah pendidikannya. Indonesia sebagai negara dengan multibudaya dan multietnis tentunya memiliki kekayaan yang begitu beragam. Bagaimanakah jika kurikulum pendidikan di Indonesia diinternalisasi kurikulum internasional? Akankah menghalangi dan memberikan sekat terhadap budaya lokal dan keberagaman?

Kita ketahui pada era sekarang, sistem pendidikan mengalami perkembangan semakin pesat. Para perancang kurikulum pun, termasuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) berusaha mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia.

Tujuannya adalah untuk mengingkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai generasi penerus bangsa. Semakin berkembangnya zaman, kurikulum tak hanya stagnan pada satu acuan dan saklek terhadap satu pedoman. Ia harus berusaha mencari dan menemukan kurikulum kolaboratif untuk pengembangan sistem pendidikan yang lebih unggul.

Kurikulum internasional menjadi salah satu solusi meningkatkan keunggulan sistem pendidikan di Indonesia. Pasalnya meski setiap negara memiliki kebudayaan yang berbeda justru kita bisa mengambil beberapa poin plus untuk dijadikan sebagai parameter peningkatan pendidikan. Seperti halnya Cambridge International Examination, kurikulum paling populer dalam kurun 16 tahun ini. Bahkan sistem kurikulum ini telah digunakan oleh lebih dari 150 negara di belahan dunia.

Sebenarnya apa sih Kurikulum Internasional Cambridge itu?

Kurikulum internasional cambridge merupakan kurikulum pendidikan yang telah diakui oleh penyedia kualifikasi kurikulum internasional. Banyak sekali siswa yang berfikiran bahwa sekolah adalah suatu hal yang membosankan dan tidak asyik. Melalui kurikulum ini, siswa akan diberikan pembelajaran yang membentuk kesadaran dan pemahaman pada mereka bahwa belajar itu menyenangkan.

Tiga hal yang akan dikembangkan siswa melalui kurikulum ini adalah; (1) pengembangan kognitif, mereka akan diberikan sebuah keterampilan untuk mempelajari pengetahuan secara mendalam sehingga mampu memecahkan permasalahan; (2) penekanan pada pemahaman konseptual, melalui pemahaman ini siswa akan memiliki cara pandang baru terhadap permasalahan yang dihadapi; serta (3) pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS), bagaimana siswa harus berfikir secara kritis, menyampaikan pendapat sehingga dapat menemukan solusi untuk memecahkan permasalahan.

Apa yang dimaksud dengan Education for Sustainable Development (ESD)?

ESD merupakan kepanjangan dari Education for Sustainable Development yang memiliki arti pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan atau pendidikan untuk pengembangan berkelanjutan. Dalam ESD menuntut kesadaran generasi mendatang untuk pembangunan dan pengembangan pendidikan baik saat ini maupun masa mendatang. ESD merupakan sebuah paradigma baru dalam bidang pendidikan yang mempertimbangkan kesinambungan ekonomi, keadilan sosial, dan pelestarian lingkungan.

Untuk memulai konsep ESD, ada empat tujuan utama yang harus dimulai, yakni; peningkatan pendidikan dasar; reorientasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan; pengembangan kepedulian dan pengertian masyarakat; dan pelatihan. Pendidikan pembangunan berkelanjutan pada hakikatnya merupakan perpaduan antara pendidikan lingkungan dan pendidikan pembangunan.

Hal ini sejalan dengan penawaran kurikulum internasional cambridge yang mengembangkan kognitif siswa secara mendalam dan terlibat aktif dalam perdiskusian sehingga dapat menemukan solusi dari beragam problematika.

Dan yang perlu diperhatikan, pengembangan kurikulum pendidikan tentunya harus mempertimbangkan prinsip-prinsip pengembangannya; berpusat pada potensi dan kebutuhan siswa; berbagai macam dan terpadu; sesuai dengan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK); sesuai dengan kebutuhan hidup sehari-hari; universal; long life education/belajar sepanjang hayat; dan balance antara kepentingan nasional dan daerah.

Mengapa Sampoerna University?

Sampoerna University merupakan salah satu pendidikan tinggi di Indonesia yang gencar dan konsisten mengimplementasikan kurikulum internasional cambridge dalam sistem pendidikannya. Siswa tidak hanya digembleng hard skill nya semata melainkan soft skill untuk akhirnya memiliki keahlian dalam bidang tertentu dan siap dalam dunia kerja. Siswa tak hanya sukses secara akademis namun juga menjadi seorang profesional dalam keahlian tertentu.

Secara tidak langsung, Sampoerna University telah membuka peluang bagi mereka yang ingin menikmati bangku pendidikan kelas dunia dengan tarif biaya yang terjangkau. Kampus ini juga menyediakan rangkaian kegiatan kokurikuler dan pra-profesional untuk mengukur barometer keberhasilan siswa serta menyiapkan para pemimpin bagi masyarakat global. (lihat selengkapnya di https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/tentang-sampoerna-university/ )

Apakah dengan menerapkan kurikulum internasional lantas Sampoerna University memberi sekat dengan budaya lokal? Jawabannya tidak. Bahkan dengan implementasi kurikulum internasional kita bisa mempelajari lintas budaya dan memperkenalkan budaya lokal pada kancah dunia. Hal ini terlihat pada platform youtube Sampoerna University yang mengadakan webinar mengenai ‘Wayang’ dengan topik “Transforming Wayang for Contemporary Studies”. Dengan hal ini akan semakin memperkenalkan budaya lokal kepada kancah global seta terjadi pertemuan dan perkenalan lintas budaya antar negara.

Satu hal yang tak boleh ketinggalan dan merupakan hal penting untuk keberlangsungan ekologi adalah tentang environmental education di mana poin ini telah tercangkup dalam ESD. Sampoerna University berpartisipasi aktif dalam talkshow nasional pada Festival of Engineering and Technology 2023 dengan tema “Green Energy for a Sustainable Future”. Pertimbangan untuk keberlangsungan lingkungan yang tetap asri di tengah berkembangnya teknologi. Alam tidak kehilangan eksistensinya yang menawan di tangan manusia dan teknologi modern.

Sampoerna University memiliki empat fakultas pilihan yakni; fakultas bisnis, fakultas teknik dan teknologi, fakultas ilmu pendidikan serta fakultas seni dan sains. Kampus ini tak hanya menerapkan kurikulum ala Amerika saja melainkan memiliki mitra terhitung 50 lebih universitas di Amerika Serikat.

Bagi kalian yang ingin upgrade skill dan merasakan nuansa pembelajaran ala Amerika dengan harga terjangkau, Sampoerna University solusinya! buruan daftar pada link berikut; https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/admissions/penerimaan-mahasiswa/

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *