Mozaik

Simak! Ini Ciri-ciri Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar

×

Simak! Ini Ciri-ciri Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar

Sebarkan artikel ini
urupedia media urup Amalan dan Penghitungan Malam Lailatul Qodar Menurut Imam Al Ghazali
Ilustrasi Malam Lailatul Qadar-rkarkowski-pixabay

UrupediaDalam bulan Ramadan, salah satu momen istimewa adalah malam lailatul qadar. Malam ini jatuh pada sepuluh malam terakhir Ramadan, khususnya pada malam ganjil seperti malam ke-21, 23, 25, 27, dan 29 Ramadan. Pada malam-malam tersebut, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, berdoa, membaca Al-Quran, dan bahkan melakukan iktikaf di masjid.

Setiap tahunnya, umat muslim dengan penuh semangat akan berusaha untuk meraih malam lailatul qadar di bulan Ramadan. Meskipun waktu pastinya tidak diketahui dengan pasti, hadis Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk mencari malam tersebut di sepuluh malam terakhir Ramadan.

Akan tetapi, ada beberapa riwayat hadis menunjukkan ciri-ciri khusus malam lailatul qadar. Seperti cuaca yang cerah dan matahari terbit dengan warna putih yang lembut.

Meskipun waktu pastinya tidak diketahui, setiap muslim berharap dapat mengalami malam lailatul qadar. Dimana pada malam ini dipercaya sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Lantas bagaimana ciri-ciri orang yang mendapatkan lailatul qadar? Nah, berikut ini dilansir dari berbagai sumber, Senin (08/04/2024).

1. Merasakan Kehadiran Malaikat Jibril

Dikutipan dari Syekh Abdul Qadir Al-Jilani, orang yang beruntung mendapatkan lailatul qadar akan mengalami momen yang istimewa berupa salam dan jabatan tangan dengan Malaikat Jibril.

Dilansir dari NU Online, Malaikat Jibril adalah makhluk ghaib, jadi ucapan salam dan jabatan tangan Malaikag Jibril itu berbeda daripada manusia.

Syekh Abdul Qadir Al-Jilani menjelaskan lagi mengenai tanda orang yang mendapat ucapan salam dan jabatan tangan dari Malaikat Jibril sebagai berikut:

وعلامة ذلك اقشعرر جلده و ترقيق قلبه و تدميع عينيه

Artinya, “Tanda seseorang yang mendapatkan salam dan berjabat tangan dengan malaikat Jibril adalah gemetar kulitnya, hatinya menjadi lembut, dan air matanya senantiasa bercucuran.” (Al-Jilani, II/23).

2. Menyelami Ketenangan Batin

Mayoritas ulama menjelaskan bahwa ketenangan yang dirasakan dalam momen lailatul qadar adalah keadaan yang berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan penafsiran dari ayat terakhir surah Al-Qadar.

3. Meningkatnya Ketaatan kepada Allah SWT

Individu yang beruntung mendapat lailatul qadar akan terus meningkatkan ketaatannya kepada Allah SWT. Mereka akan mengabdikan diri dengan lebih banyak ibadah dan ketaatan.

4. Melihat Segala Sesuatu Bersujud

Salah satu tanda yang orang mendapatkan lailatul qadar adalah ketika seluruh benda dan makhluk di muka bumi ini akan bersujud kepada Allah sebagai bentuk penghormatan dan pengakuan atas keagungan-Nya.

Meskipun tidak bisa dilihat dengan mata biasa, pengalaman spiritual ini memperlihatkan bahwa setiap ciptaan, mulai dari yang paling kecil hingga yang terbesar, tunduk kepada keagungan Allah.

Index