Nasional

Tips Memilih Kurma yang Bagus untuk Berbuka

×

Tips Memilih Kurma yang Bagus untuk Berbuka

Sebarkan artikel ini
Tips Memilih Kurma yang Bagus untuk Berbuka
Gambar Kurma-Pixabay-pictavio

Urupedia Dalam menuaikan Ibadah puasa di bulan Ramadan rasanya kurang nikmat dan lengkap dalam mencari keberkahan kalau tidak mengkonsumsi buah kurma, saat berbuka puasa di waktu magrib.

Makanya, tidak mengherankan jika umat Islam berbondong-bondong membeli buah kurma untuk stok menu sahur dan berbuka puasa.

Karena buah kurma kaya akan berbagai manfaat untuk kesehatan. Seperti halnya, membantu proses pencernaan dan mengembalikan energi setelah seharian berpuasa, lho.

Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah ketika membelu kurma di pasar mauapun di swalayan. Karena tidak semua kurma yang dijual memiliki kualitas bagus.

Maka dari itu, perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membeli. Nah jangan risau, berikut ini beberapa tips dilansir dari berbagai sumber cara memilih kurma yang bagus untuk berbuka puasa dan sahur di bulan Ramadan.

1. Lihat Kondisi Fisik Kurma

Ketika membeli kurma penting melihat atau memperhatikan kondisi fisik buah kurma. Secara umum, kurma yang dijual di Indonesia adalah kurma kering dengan kondisi fisik masih agak basah, lunak, dan cenderung tidak lengket.

Perlu diketahui bahwa kurma yang terlalu lengket saat kita pegang, biasanya sudah dicampur dengan pemanis, seperti sirup atau gula. Selain itu, hindarilah membeli kurma yang terlalu kerut, sebab kerutan yang terlalu banyak biasanya menunjukkan bahwa kurma itu sudah lama.

2. Kurma yang Berkualitas Baik Memiliki Bentuk Besar

Nah, kurma yang baik tentu saja memiliki bentuk yang besar. Maka dari itu, pentingnya memilih dan memilah saat membeli kurma, sebab jenis kurma pasaran memang bermacam-macam.

Pasalnya, ada beberapa jenis kurma yang terkenal, seperti kurma Medjool yang memiliki bentuk yang besar daripada lainnya.

Namun, kalau misal kamu menemukan ukuran kurma yang jauh lebih kecil daripada biasanya, brarti sudah dapat dipastikan buah tersebut sudah dalam waktu yang lama.

3. Pilih Kurma yang Warnanya Rata

Nah ini yang perlu diperhatikan selanjutnya saat membeli kurma, betapa pentingnya memikih kurma yang berwarna rata. Sebab kurma yang bagus dan berkualitas biasanya berwarna kecokelatan dan cenderung gelap.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada kurma yang terang. Akan tetapi, saat membeli pastikan Anda memilih kurma dengan warna yang merata, tidak pecah, dan tidak ada noda pada permukaannya.

Demikianlah tips dan cara memilih kurma yang berkualitas dan baik untuk berbuka serta bagi kesehatan. Semoga dengan begitu ramadan kita menjadi sehat dan selalu diberkahi-Nya.

Index