Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Kesehatan

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Banyak Disekitar Kita!

×

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Banyak Disekitar Kita!

Sebarkan artikel ini
Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Banyak Disekitar Kita!
Gambar Mata-Pixabay-Nika_Akin

Urupedia – Mata adalah organ penting dalam tubuh manusia yang memiliki peran yang vital. Sementara itu, menjaga kesehatan mata dapat dicapai melalui berbagai metode, termasuk pola makan yang sehat.

Apalagi, masalah penglihatan adalah salah satu perhatian serius dalam menjaga kesehatan dan fungsi tubuh manusia. Saat seseorang menua, seringkali terjadi penurunan kualitas penglihatan. Di samping itu, ketegangan otot mata yang kerap muncul akibat aktivitas dekat juga dapat memengaruhi kesehatan mata.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan mata, seseorang haruslah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk mata dan, jika diperlukan, melengkapi dengan suplemen tambahan, dapat menjadi tindakan yang bermanfaat.

Nah, berikut ini dilansir dari berbagai sumber, makanan yang baik dan dapat dipercaya untuk menjaga kesehatan mata.

Wortel

Wortel dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Ini dikarenakan wortel mengandung banyak beta-karoten, sebuah antioksidan yang tubuh kita gunakan untuk menghasilkan vitamin A.

Vitamin A memiliki peran penting dalam membantu penglihatan terutama di kondisi cahaya rendah dan dapat melindungi dari miopia (rabun jauh). Selain itu, wortel juga mengandung lutein, yang merupakan antioksidan lain yang dapat membantu mengurangi risiko AMD.

Brokoli

Brokoli mengandung indole-3-carbinol, sebuah senyawa yang bisa membantu mengeluarkan racun dari retina, sehingga mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, yang merupakan penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa lanjut usia.

Selain itu, brokoli juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yang juga berperan dalam melindungi mata.

Telur

Telur adalah sumber makanan yang menyediakan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan oleh mata, termasuk lutein, zeaxanthin, seng, dan vitamin A.

Sementara itu, ada penelitian pada tahun 2019 menyimpulkan bahwa mengonsumsi telur secara teratur dalam jumlah sedang (sekitar dua hingga empat butir per minggu) dapat membantu menurunkan risiko AMD dan juga mengurangi kadar kolesterol secara signifikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *