Kesehatan

Catat! Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan Bagi Kesehatan

×

Catat! Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan Bagi Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Gambar Gula-Pixabay-congerdesign

Urupedia-Terlalu banyak konsumsi gula telah terbukti memiliki dampak buruk bagi kesehatan, serta dapat memicu berbagai masalah penyakit termasuk diabetes dan kerusakan gigi.

Seperti dilansir dari Medical News Today pada Jumat (26/1/2024) yang menyoroti temuan dari berbagai penelitian yang menegaskan keterkaitan antara konsumsi gula berlebihan dan risiko kesehatan yang meningkat. Sebagaimana penjelasan berikut.

1. Bahaya Gula untuk Gigi

Makan terlalu banyak gula bisa bikin gigi rusak, yang akhirnya bisa bikin gigi berlubang. Begitu kita makan yang manis-manis, bakteri di mulut bikin lapisan tipis plak di gigi.

Bakteri ini bereaksi sama gula yang ada di makanan dan minuman. Hasilnya, mereka melepaskan asam yang bisa merusak gigi. Meski tubuh bisa benerin sebagian kerusakannya, tapi gak selalu berhasil.

2. Ancaman Diabetes dari Minuman Manis

Nge-minum soda atau minuman manis bisa tinggiin risiko kena diabetes. Ada hubungan antara minum minuman manis sama diabetes tipe 2.

Dari data 310.819 orang, yang banyak minum minuman manis punya risiko 26 persen lebih tinggi kena diabetes tipe 2 dibanding yang jarang minum gula.

3. Gula Gak Berguna Buat Tubuh

Tambahin gula ke makanan dan minuman cuma nambahin kalori, gak nambahin manfaat nutrisi. Tubuh biasanya cerna makanan yang manis-manis dengan cepat, jadi gak bagus buat sumber energi.

Orang dewasa di Amerika Serikat rata-rata makan sekitar 308 kalori gula tambahan per hari. Ini jauh lebih banyak daripada yang direkomendasiin American Heart Association, yang bilang wanita sebaiknya cuma 100 kalori dari gula per hari, dan pria 150 kalori.

Makan kalori kosong kaya gini bisa merusak manfaat kesehatan dari makanan yang sebenernya punya nilai gizi. Selain itu, bisa bikin nutrisi tubuh jadi tidak seimbang dan akhirnya bikin masalah kesehatan.

4. Penyakit Jantung

Gula bisa bikin risiko penyakit jantung naik. Hasil penelitian 15 tahun menunjukkan, orang yang makan banyak gula tambahan lebih mungkin mati karena penyakit jantung dibanding yang makan sedikit.