Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Close Ads Here
Kesehatan

Jarang diketahui! Inilah Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan Tubuh

×

Jarang diketahui! Inilah Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan Tubuh

Sebarkan artikel ini
Jarang diketahui! Inilah Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan Tubuh
Gambar Belimbing Wuluh-Pixabay-ElenzaPhotograhy

Urupedia Belimbing wuluh atau dikenal sebagai belimbing sayur (Averrhoa bilimbi) seringkali hanya dianggap sebagai pelengkap masakan atau bahan manisan. Namun, kenyataannya belimbing wuluh memiliki berbagai manfaat kesehatan dan telah lama digunakan sebagai bahan herbal dalam pengobatan tradisional.

Selain buahnya, bagian lain dari belimbing wuluh, seperti bunga dan daunnya, juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Bahkan, beberapa masalah kesehatan seperti hipertensi, batuk, sariawan, gangguan perut, demam, diabetes, dan jerawat, dapat diatasi.

Oleh karena itu, belimbing wuluh tidak hanya memberikan cita rasa unik pada masakan, tetapi juga dapat menjadi bagian dari pendekatan holistik terhadap kesehatan. Sebagaimana berikut ini manfaatnya.

1. Mengobati Wasir

Manfaat kesehatan yang pertama adalah untuk mengobati wasir. Sebab, belimbing wuluh mengandung unsur anti inflamasi, seperti tanin dan terpen, yang dapat mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah anus dan rektum, yang dikenal sebagai wasir.

Penggunaan ekstrak buah dan daun belimbing wuluh pada area yang terkena juga dapat meredakan rasa sakit, peradangan, dan pendarahan, membantu mengatasi masalah wasir.

2. Mengatasi Hipertensi

Kedua, belimbing wuluh telah lama dimanfaatkan secara tradisional untuk mengontrol hipertensi. Caranya adalah dengan merebus belimbing wuluh dan meminum air rebusannya.

Selain itu, juga disarankan untuk mengonsumsi ramuan tersebut setiap pagi guna mencapai hasil yang optimal dalam mengatasi tekanan darah tinggi.

3. Sembuhkan Batuk dan Pilek

Terakhir adalah kandungan vitamin C yang melimpah dalam belimbing wuluh memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, vitamin C juga dapat membantu mengobati batuk dan pilek yang disebabkan oleh perubahan musim atau alergi, menjadikannya pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *