Kesehatan

Tak Hanya Diabetes, Konsumsi Gula Berlebih Bisa Menyebabkan Alzheimer

×

Tak Hanya Diabetes, Konsumsi Gula Berlebih Bisa Menyebabkan Alzheimer

Sebarkan artikel ini
Tak Hanya Diabetes, Konsumsi Gula Berlebih Bisa Menyebabkan Alzheimer
Gambar Gula-Pixabay-pasja1000

Urupedia – Banyak orang hanya tahu bahwa mengonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan diabetes, tetapi kenyataannya, kebiasaan ini juga dapat meningkatkan risiko terkena Alzheimer.

Alzheimer adalah gangguan pada otak yang dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, mengingat, dan menjalani aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari Healthline, Selasa (17/10/2023), ada sebuah studi tahun 2022 yang melibatkan 37.689 orang menemukan bahwa hubungan antara asupan gula yang tinggi dan peningkatan risiko Alzheimer terutama pada wanita.

Dalam hal tersebut, ditinjau bahwa orang yang mengonsumsi sekitar 10 gram (setara dengan 2,4 sendok teh) gula per hari memiliki risiko tertinggi. Khususnya, laktosa, gula yang ditemukan dalam susu dan produk susu, memiliki hubungan yang kuat dengan Alzheimer berdasarkan penelitian tersebut.

Selain itu, gula darah tinggi yang terkait dengan diabetes juga menjadi faktor risiko penting dalam perkembangan Alzheimer. Kondisi ini dapat memicu pertumbuhan plak amiloid di otak, yang merupakan ciri khas Alzheimer.

Peneliti sebelumnya berpikir bahwa risiko ini lebih terkait dengan orang dewasa yang lebih tua, namun, penelitian lain pada tahun yang sama yang melibatkan 4.932 orang menunjukkan bahwa hubungan antara Alzheimer, gula darah tinggi, dan kolesterol tinggi dapat dimulai lebih awal, bahkan pada usia 35 tahun.

Peneliti mengikuti para peserta selama beberapa dekade dan menemukan bahwa mengelola kadar kolesterol dan gula darah sejak dini dapat membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer di masa depan.

Dalam hal ini menunjukkan bahwa kenaikan kadar gula darah dapat berdampak pada fungsi kognitif seseorang, terlepas dari perbedaan berat badan dan insulin.